Prestasi Barca Dongkrak Ekonomi Kota Barcelona

Para pemain Barcelona rayakan keberhasilan juara La Liga
Sumber :
  • REUTERS/Juan Medina
VIVA.co.id
Malam Bersejarah di Liga Champions, Pemuda 19 Tahun Kalahkan Messi
- Pengaruh klub sepakbola terkait dengan pendapatan kota, kini tidak bisa dipandang sebelah mata lagi. Itu dibuktikan oleh klub sepakbola Spanyol, Barcelona yang mampu mendongkrak ekonomi kota Barcelona.

Barcelona Banting Harga Coutinho, Rela Rugi

Dilansir Marca, Kamis 21 Mei 2015, lembaga keuangan yang berbasis di Amerika Serikat, Deloitte, melakukan kajian tentang dampak ekonomi klub di ibukota Catalan itu. Hasilnya sangat mencengangkan.
4 Skema Barcelona Juara LaLiga


Menurut kajian Deloitte, Barca memiliki pengaruh ekonomi sebesar €759 juta (1,2 persen dari total GDP kota Barcelona) di musim 2013-14. Tidak cukup sampai di situ, Barca juga diketahui menciptakan 15.265 lowongan pekerjaan.


Pengaruh Barca tidak terhenti di situ. Blaugrana juga memiliki peran sebanyak 8 persen dari total wisatawan yang datang ke Barcelona. Selain itu, Barca juga berperan hingga 54 persen dari seluruh kegiatan yang digelar di kota ini.


Apa komentar Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu, terkait penemuan Deloitte ini? "Kami sudah menyadari peran besar kami di Catalan dan masyarakat di Eropa," kata Bartomeu tanpa ragu.


"Oleh karenanya, kami ingin lebih memperkenalkan brand Barca (keluar Eropa). Kami ingin menaklukkan dunia. Klub ini adalah mesin bagi kota. Dan Mesin ini akan terus tumbuh dan lebih kuat saat sudah memiliki Espai Barca."


Barcelona memang sedang mematangkan proyek ambisius untuk lebih memodernisasi seluruh fasilitas Barcelona, termasuk stadion bersejarah Camp Nou. Proyek ini dinamakan Espai Barca (Ruang Barca). (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya