8 Fakta Paraguay Pulangkan Brasil dari Copa America

Reaksi pemain Brasil saat kalah dari Paraguay
Sumber :
  • REUTERS/Jorge Adorno
VIVA.co.id
Akhirnya Brasil Lolos ke Perempatfinal Olimpiade Rio 2016
- Paraguay kembali menjadi "mimpi buruk" buat Brasil pada ajang Copa America. Los Albiroja lagi-lagi mendepak juara dunia lima kali itu di babak perempat final edisi 2015. Beberapa fakta menarik pun tercipta.

Brasil Akui Neymar Sedang Dalam Performa Buruk

Pada laga yang berlangsung Minggu dini hari WIB itu, Brasil sempat unggul lebih dulu lewat Robinho di awal babak pertama. Namun, Paraguay membalas lewat Derlis Gonzalez hanya 18 menit jelang bubaran untuk memaksakan babak adu penalti.
Neymar Melempem, Publik Brasil Berpaling pada Marta


Kegagalan Everton Riberio dan Douglas Costa tak disia-siakan oleh Derlis yang kembali maju jadi eksekutor penentu. Tendangan pemain Basel itu berhasil menjebol gawang Jefferson sekaligus memaksa Brasil pulang lebih awal.


Hasil ini mencatatkan beberapa fakta statistik terbaru keluaran
Opta
. Positif buat Paraguay, namun begitu menyedihkan buat kubu Brasil. Berikut fakta menariknya:


1.
Paraguay  adalah satu-satunya tim yang berhasil mengeliminasi Brasil sebanyak dua kali di fase knock-out sejak Copa America 1993. Sebelumnya, Paraguay menang atas Brasil di babak perempat final 2011 juga lewat drama adu penalti.


2.
Enam dari delapan gol Paraguay di Copa America datang dari situasi bola mati. 3 tendangan bebas, 2 sepak pojok, dan satu penalti.


3.
Sentuhan yang berbuah gol Brasil lewat kaki Robinho adalah satu-satunya sentuhan Selecao di kotak penalti Paraguay selama 45 menit babak pertama.


4.
Brasil melepaskan enam tembakan sepanjang laga (termasuk yang diblok lawan). Catatan terendah mereka dalam satu pertandingan Copa America sejak 2007.


5.
Pertandingan melawan Paraguay merupakan caps ke-99 buat Robinho sepanjang karirnya memperkuat Brasil.


6.
Dengan satu gol yang dicetak ke gawang Paraguay, Robinho artinya sudah mencetak 28 gol. Angka tersebut unggul satu gol dari catatan seluruh rekannya di Brasil saat ini (kecuali Neymar).


7.
Brasil sudah delapan kali menjalani babak adu penalti sepanjang sejarah Copa America, catatan yang sama dengan Uruguay.


8.
Bagi pelatih Brasil, Carlos Dunga, kekalahan ini adalah kegagalan dua kali beruntun saat hadapi Paraguay di Copa America. Sebelumnya, kegagalan 2011 juga ketika ditangani Dunga.


(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya