Cerita Ketika Magis Futsal Menyihir Lapangan Hijau

Sumber :
  • FC Barcelona

VIVA.co.id - Futsal adalah salah satu olahraga yang tengah menjamur di berbagai kota Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Tapi ternyata, olahraga sepakbola lapangan kecil ini adalah tulang punggung bagi sepakbola indah Brasil.

Timnas Selecao memang dikenal sebagai pengusung permainan joga bonito, atau permainan indah dengan skill menawan. Lima gelar juara dunia pun berhasil direbut Brasil sepanjang sejarah Piala Dunia.

Karakter Brasil yang sangat melekat adalah dribbling yang penuh rasa berani dan juga bak goyangan Samba. Jalanan dan lapangan futsal menjadi tempat cocok untuk menempa imajinasi trik-trik baru.

Pele, Garricha, Zico, Romario, Bebeto, hingga Robinho dan Ronaldinho adalah produk dari sepakbola jalanan distrik-distrik kumuh atau yang dikenal dengan favela di Brasil. Tak banyak anak muda miskin bisa ikut akademi klub sepakbola ternama. Jalanan lah jadi lapangan mereka bermandikan peluh.

Cerita Ronaldinho

Barcelona Banting Harga Coutinho, Rela Rugi



"Ketika saya tumbuh, ada beberapa lapangan, tapi saya menghabiskan banyak waktu bermain di jalanan atau bermain futsal. Kami biasa tiga lawan tiga, dua lawan dua, atau satu lawan satu," cerita Ronaldinho soal masa kecilnya.

"Di sekolah, kami bermain satu tim tujuh pemain. Saya baru bermain 11 pemain dalam satu tim ketika sudah di Gremio," tutur Pemain Terbaik Dunia FIFA 2 kali tersebut.

Futsal dinilai memiliki kekuatan tersendiri untuk menempa skill para pemainnya. Kecepatan berpikir untuk melewati sergapan lawan dengan cara apapun bisa mengasah insting calon pemain ketika berada di lapangan lebih besar.

"Saya memiliki memori menyenangkan di sepakbola jalanan, tapi, untuk saya, futsal begitu magis. Anda harus berani dan siap mengambil inisiatif, harus terus berpikir, gunakan tembok atau tali di jalanan. Selain itu, ada rasa senang ketika mengerjai lawan," tambah Ronaldinho, dalam wawancara dengan Goal.

Dengan menyebarnya lapangan-lapangan futsal di seantero Indonesia, bukan tidak mungkin akan muncul kaki-kaki cepat khas lapangan kecil ke rumput hijau yang bakal menyihir seisi stadion layaknya seorang Ronaldinho. (one)

Bomber muda Red Bull Salzburg, Erling Brat Haaland

Malam Bersejarah di Liga Champions, Pemuda 19 Tahun Kalahkan Messi

Erling Braut Haaland curi perhatian.

img_title
VIVA.co.id
18 September 2019