11 Fakta Menarik Jelang Duel PSV Vs MU

Manchester United
Sumber :
  • REUTERS
VIVA.co.id –
5 Klub Sepakbola yang Sering Tampil di Final Liga Champions, Real Madrid Teratas?
PSV Eindhoven akan menjamu Manchester United di Philips Stadium dalam babak penyisihan Grup B Liga Champions, Rabu, 16 September 2015 dini hari WIB. Duel ini mempertemukan dua tim yang sama-sama baru kembali ke kompetisi kasta pertama Eropa ini.

Gila, Ini Format Baru Liga Champions!

MU pada musim lalu memang harus absen dari kancah Eropa usai gagal menembus 4 besar di papan klasemen 2013-2014.  Sedangkan pada musim lalu, PSV bermain di Europa League dan langkahnya terhenti di babak 32 besar.
Rangkuman Momen-momen Penting Duel Liverpool Vs Villarreal


Pada kunjungan ke Belanda ini, MU memiliki catatan kurang baik saat bertandang ke markas PSV . Mereka menelan masing-masing 1 kekalahan dan imbang, kekalahan itu didapat pada penyisihan Grup G Liga Champions 2000-01 dengan skor 1-3.

Selain itu,
. Masih banyak fakta-fakta menarik dari duel ini, sebagaimana yang dilansir dari situs UEFA.


Berikut fakta-fakta menarik duel PSV vs MU:

1.
Juara Eredivisie, PSV Eindhoven, untuk pertama kalinya masuk kembali ke Liga Champions sejak 2008-2009. Pada gelaran Liga Europa musim lalu, mereka hanya mencapai babak 32 besar sebelum kalah dari FC Zenit.


2.
PSV kalah dalam 3 pertandingan terakhir kandang melawan tim Premier League. Terakhir PSV menang 1-0 saat melawan Arsenal pada babak 16 besar Liga Champions musim 2006-07.


3.
Manchester United akhirnya kembali ke Liga Champions, setelah musim lalu gagal tembus ke Eropa. Kepastian lolosnya Setan Merah ke Liga Champions usai menang atas Club Brugge dengan agregat 7-1 di babak playoff pada bulan lalu.


4.
Kemenangan terakhir MU di Belanda 2-0 atas Ajax Amsterdam pada babak 32 besar Europa League 2012. Catatan laga tandang MU dengan klub asal Belanda adalah menang 2 kali, imbang 2 dan kalah 2 kali.




5.
Ini kali pertama Memphis Depay berhadapan dengan PSV Eindhoven sebagai musuh. PSV adalah klub profesional pertama Depay, sebelum akhirnya memilih untuk mengenakan seragam Manchester United pada musim panas ini.


6.
Pelatih PSV, Philip Cocu, pernah bermain di bawah asuhan Louis Van Gaal saat masih berseragam Barcelona dan Timnas Belanda. Ini untuk pertama kalinya Cocu berhadapan dengan mantan pelatihnya.


7.
PSV berhasil mengalahkan MU lewat skor 3-1 dalam pertemuan terakhir di pentas Eropa. Pertemuan kedua tim terjadi pada babak grup Liga Champions Eropa musim 2000/2001.


8.
Sebagai pelatih Ajax, Van Gaal meraih 1 kemenangan dari 6 kunjungan ke PSV di Liga Eredivisie dengan skor 4-1 pada 1994-1995. Dengan AZ Alkmaar, Van Gaal mencatat 1 kemenangan dalam 4 kunjungan liga dan juga kalah di semifinal Piala Belanda di PSV.




9. 
Selama berkostum PSV, Depay membuat 90 penampilan liga dan mencetak 39 gol.


10.
PSV mengumumkan pada 31 Agustus bahwa semua tiket untuk tiga pertandingan kandang Liga Champions mereka telah terjual habis.


11.
PSV tak pernah mencetak lebih dari 2 gol di 30 pertandingan terakhir di Liga Champions. Kali terakhir mereka melakukan itu saat menang 3-1 atas AC Milan di leg 2 semifinal 2005.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya