Begini Line-up Sporting Andai Para Bintang Tak Dilepas

Cristiano Ronaldo muda saat masih memperkuat Sporting Lisbon.
Sumber :
  • sport.gentside

VIVA.co.id - Meski tak sebesar Porto dan Benfica, Sporting Club de Portugal atau biasa dikenal Sporting Lisbon tak bisa diremehkan dalam persepakbolaan Portugal. Mereka juga dikenal sebagai tim yang menghasilkan beberapa pemain bintang.

Yang paling tersorot, tentu saja bintang Real Madrid, Crisitano Ronaldo. Pengoleksi tiga titel Ballon d'Or tersebut mengawali karier di Sporting, sebelum bergabung dengan raksasa Inggris, Manchester United, yang kian meroketkan namanya.

Ada juga pemain internasional Portugal lain, Nani, yang juga dibesarkan MU, usai menimba ilmu di Sporting. Meski namanya tak setenar Ronaldo, pemain yang kini membela Fenerbahce tersebut sempat menjadi incaran banyak klub Eropa.

Sementara itu, di barisan pertahanan, ada bek Manchester United, Marcos Rojo, yang selama dua tahun merasakan atmosfer Estádio José Alvalade. Berikut line-up Sporting andai para bintang tak dilepas, seperti dilansir Purelyfootball:

1. Rui Patricio

Dalam karier profesionalnya, kiper asal Portugal ini tak pernah membela klub lain selain Sporting. Dan, hingga saat ini, pemain dengan nama lengkap Rui Pedro dos Santos Patrício itu tetap bermain. Dia masih menjadi andalan di bawah mistar.

Dalam delapan tahun yang dilaluinya sebagai pemain Sporting, kiper yang kini berusia 27 tahun tersebut telah mempersembahkan dua titel Taca de Portugal, tiga Supertaca Candido de Oliveira, dan dua kali menjadi runner-up Taca da Liga.

10 Nominasi Pemain Terbaik FIFA, Messi dan Ronaldo Punya Pesaing Berat



2. Joao Pereira

Setelah memperkuat Benfica, Gil Vicente, dan Braga, Pereira bergabung dengan Sporting pada Desember 2009. Sempat hengkang ke Valencia dan Hannover, pemain berusia 31 tahun tersebut kembali ke Sporting pada 2015.

Pada periode pertamanya berkostum Sporting, dia mencatatkan 101 penampilan di berbagai kompetisi, dengan catatan lima gol. Sedangkan satu-satunya gelar yang telah dia persembahkan adalah Supertaca Candido de Oliveira, pada 2005.



*Ke halaman berikutnya

Ronaldo Pecahkan Rekor Gol Sundulan

3. Mauricio

Mauricio bergabung dengan Sporting pada 2013, setelah sempat memperkuat sejumlah klub Brasil, baik berstatus pemain tetap maupun pinjaman. Dua tahun di Sporting, pemain asal Brasil itu mencatatkan 42 laga dengan torehan satu gol.

Trofi yang pernah dipersembahkan oleh Mauricio kepada Sporting adalah Taca de Portugal pada musim 2014-15. Sedangkan saat ini, pemain 21 tahun dengan nama lengkap Maurício dos Santos Nascimento tersebut membela klub Serie A, Lazio.

5 Bintang Top Eropa yang Anti Minuman Beralkohol



4. Marcos Rojo

Mengawali karier bersama Estudiantes, Rojo mendapat kesempatan bermain di Eropa sejak 2011, bersama Spartak Moscow. Tampil di sebanyak 17 pertandingan dengan catatan satu gol, dia lalu dibeli oleh Sporting pada Juli 2012.

Tampil memukau bersama Sporting, Rojo dibawa Timnas Argentina ke Piala Dunia 2014 di Brasil. Dan, pemain yang bisa berposisi sebagai bek tengah atau bek kiri ini pun digaet Manchester United pada 2014, dengan harga £16 juta.





5. Jefferson


Bek asal Brasil ini tampil cukup memukau bersama Estoril, pada 2012-13, hingga akhirnya didatangkan Sporting sejak 2013. Hingga saat ini, Jefferson telah memainkan 49 pertandingan bersama Sporting dengan catatan tiga gol.

Hingga saat ini, pencapaian terbaiknya adalah membawa Sporting meraih Taca de Portugal pada musim 2014-15. Sedangkan pada 2015, pemain kelahiran Campo Formos itu membawa Verde-e-Brancos meraih Supertaça Cândido de Oliveira.



6. William Carvalho


Pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan ini mengawali karier senior bersama Sporting pada 2011. Namun, kemudian dia sempat dipinjamkan ke Fatima dan Cercle Brugge, sebelum kembali ke Sporting pada musim 2013-14.

Pada musim 2013-14, dia tampil di sebanyak 33 laga dengan catatan empat gol, sedangkan semusim setelahnya, pemain berusia 23 tahun itu menorehkan 42 penampilan dengan satu gol. Dia juga membawa tim meraih Taça de Portugal.





7.Adrien Silva

Silva merupakan produk asli Sporting, yang memulai debut di tim utama pada 2007, di usia 18 tahun. Pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan ini lalu dipinjamkan ke Maccabi Haifa (2010) dan Academica (2011-12).

Namun, sejak musim 2012-13, Silva secara perlahan mendapat kepercayaan mengisi tim inti Sporting. Dan, pemain kelahiran Angouleme, Prancis berusia 26 tahun tersebut kini tercatat sebagai kapten Sporting.



8. Joao Moutinho

Moutinho memulai kariernya di Sporting, dan selama enam musim 2004-2010, dia mencatatkan 258 penampilan di berbagai kompetisi, dengan torehan 32 gol. Pada 2010, dia pun hijrah ke klub rival, Porto, dan meraih 12 titel major di sana.

Sempat diincar klub-klub Premier League, Moutinho justru berlabuh di AS Monaco pada Mei 2013, dengan harga €70 juta (€25 juta untuk dirinya). Hingga saat ini, dia masih memperkuat Monaco dan menjalani peran sentral di lini tengah.





9. Nani

Nani mengawali karier profesional bersama Sporting pada 2005, dan mencatatkan 11 gol dari 76 laga di berbagai kompetisi dalam dua tahun ke depan. 2007, pemain internasional Portugal itu dipinang Manchester United, dengan harga €25,5 juta.

Meski tak sepenuhnya mulus, karier Nani di MU menghasilkan empat titel Premier League, satu Piala Liga, satu Liga Champions, dan satu Piala Dunia Antarklub. Sempat kembali ke Sporting, Nani akhirnya dilepas ke Fenerbahce.



10. Cristiano Ronaldo


Ronaldo cuma semusim membela tim utama Sporting, dengan 31 penampilan dan lima gol. Manajer MU, Sir Alex Ferguson memboyongnya pada 2003, dengan dana £12,24 juta, yang menjadi salah satu pembelian terbaik sepanjang sejarah.

Matang di MU, Ronaldo hijrah ke Real Madrid pada 2009, dengan mahar sebesar £80 juta dan menjadi pemain termahal dunia. Bersama El Real, kariernya makin melejit dan meraih banyak trofi. Dia kini telah mengoleksi tiga trofi Ballon d'Or.





11.Islam Slimani

Slimani bergabung dengan Sporting pada 2013, dan langsung terkenal, di mana dia kerap mencetak gol-gol penting saat dimasukkan sebagai pemain pengganti. Pada musim pertamanya, dia mencetak 10 gol dari 30 laga di berbagai kompetisi.

Pada musim 2014-15, pemain internasional Aljazair mencatatkan 15 gol dari 33 pertandingan bersama Sporting. Hingga kini, striker bernomor punggung 9 tersebut telah mempersembahkan Taca de Portugal dan Supertaça Cândido de Oliveira.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya