Lima Derby Manchester Terbaik Sepanjang Masa

Manchester United 1-6 Manchester City
Sumber :
  • http://www.caughtoffside.com/

VIVA.co.id - Laga panas bakal tersaji dalam lanjutan Premier League akhir pekan ini. Dua tim asal kota Manchester, Manchester United dan Manchester City bakal bentrok di Old Trafford dalam duel bertajuk Derby Manchester.

Tensi tinggi dan drama menarik senantiasa terjadi setiap laga ini berlangsung. Duel seru mulai terjadi di era milenium pada tahun 2000-an saat ManCity menjelma menjadi salah satu kekuatan di Premier League.

Berikut 5 Derby Manchester terbaik sepanjang masa, seperti dilansir Outside 90:

1. Manchester United 1 - Manchester City 1, April 2001

Rekor Buruk Mourinho di MU

Duel ini menjadi saksi betapa gilanya mantan kapten MU, Roy Keane. Keane dengan sengaja melakukan tekel horor terhadap bek ManCity, Alf-Inge Haaland.

Keane akhirnya menerima hukuman kartu merah, larangan bermain 5 pertandingan, dan denda £150 ribu. Haaland akhirnya harus pensiun akibat tekel horor tersebut.

Dalam otobiografinya, Keane mengakui jika tekel itu disengaja. Keane menaruh dendam pada Haaland yang sempat melakukan tekel keras kepadanya, saat membela Leeds United. Keane mengalami cedera ligamen akibat insiden tersebut.

Setelah insiden mengerikan itu, Paul Scholes gagal mengeksekusi penalti. Skor berakhir imbang 1-1.

MU Mainkan Mkhitaryan Lagi, Mourinho Tidak Puas


2. Manchester City 2 - Manchester United 3, Desember 2012

Yaya Toure Akhirnya Menyerah, Minta Agennya Diam

MU kembali bertemu ManCity, usai semusim sebelumnya The Citizens keluar sebagai juara Premier League dengan keunggulan selisih gol atas Setan Merah. Drama 5 gol pun terjadi di Etihad Stadium.


GettyImages-158023579-compressor

Dua gol dari Wayne Rooney membuat MU unggul 2-0. Namun, ManCity mampu menyamakan kedudukan lewat gol yang dicetak Yaya Toure dan Pablo Zabaleta. Robin van Persie yang baru saja bergabung dari Arsenal di bursa transfer awal musim menjadi pahlawan MU. Tendangan bebasnya di menit 92 memastikan kemenangan tim tamu di menit 92.


3. Manchester United 2 - Manchester City 1, Februari 2011

Ini bisa dibilang sebagai Derby Manchester paling menegangkan dalam beberapa tahun terakhir. Luis Nani sempat membawa MU unggul, sebelum disamakan oleh David Silva.

Pertandingan seolah akan berakhir imbang. Namun, ternyata Wayne Rooney mampu mencetak gol yang bisa dibilang sebagai gol paling indah sepanjang sejarah Premier League. Tendangan salto Rooney sukses mengoyak gawang ManCity. Cara yang luar biasa dalam menentukan kemenangan di partai derby.


4. Manchester United 1 Manchester City 6, Oktober 2011

Mimpi buruk dihadirkan oleh ManCity di Old Trafford. Kartu merah Jonny Evans menjadi penanda kekalahan terburuk Sir Alex Ferguson dalam laga kandang, selama 50 tahun terakhir.


GettyImages-130010419-compressor

Mario Balotelli sukses mencetak 2 gol dalam laga ini. Pemain internasional Italia ini membuka kaosnya yang bertuliskan "Why Always Me?" Kemenangan spektakular ini berarti penting. ManCity akhirnya keluar sebagai juara Premier League, berbekal keunggulan selisih gol atas MU.



5. Manchester United 4 - Manchester City 3, September 2009

Drama sengit tujuh gol terjadi dalam laga ini. Cap pengkhianat ditujukan pada Carlos Tevez yang menyeberang dari MU ke ManCity di awal musim.

Meski kalah, The Citizens tampil luar biasa dalam laga ini. Tiga kali tertinggalm tiga kali juga mereka mampu menyamakan kedudukan. Wayne Rooney akhirnya menjadi pahlawan MU. Golnya dari jarak dekat memastikan kemenangan tuan rumah. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya