5 Pemain yang Tampil Luar Biasa di Usia 16 Tahun

Kiper AC Milan, Gianluigi Donnarumma.
Sumber :
  • www.zimbio.com

VIVA.co.id - Sejarah tercipta dalam lanjutan Serie A, Minggu 25 Oktober 2015. AC Milan menurunkan kiper belia, Gianluigi Donnarumma, di laga kontra Sassuolo di San Siro.

Dengan usia  16 tahun 242 hari, Donnarumma tercatat sebagai kiper termuda sepanjang sejarah yang tampil sebagai starter di Serie A. Dia sukses menggeser kiper sarat pengalaman, Diego Lopez ke bangku cadangan.

Bukan hanya Donnarumma yang melakoni debut di usia 16 tahun. Setidaknya, ada 5 nama tenar yang sudah mencuri perhatian di usia tersebut. Berikut ini akan VIVAbola bahas satu per satu:

1. Gianluigi Donnarumma
Donnarumma melakoni debut bersama tim senior AC Milan di ajang International Champions Cup, saat melawan Real Madrid, 30 Juli 2015. Dia masuk di menit 72, menggantikan Diego Lopez.

Jawaban Pogba Membuat Real Madrid Batal Merekrutnya

Dia sukses mempertahankan gawangnya tetap clean sheet. Sayang, di adu penalti Donnarumma menjadi salah satu eksekutor yang gagal, sehingga Rossoneri takluk 9-10.
Kiper muda AC Milan, Gianluigi Donnarumma
Pelatih Sinisa Mihajlovic beberapa kali menurunkan Donnarumma di laga persahabatan. Salah satunya di ajang Trofeo Luigi Berlusconi, melawan rival sekota, Inter Milan.

Puncaknya terjadi saat melawan Sassuolo, 25 Oktober 2015. Donnarumma dipercaya Mihajlovic sebagai starter dan menggeser Diego Lopez ke bangku cadangan. Ini menjadi debut Donnarumma di partai kompetitif bersama Rossoneri, sekaligus mencatat sejarah sebagai kiper termuda sepanjang sejarah yang tampil sebagai starter di Serie A.

Keputusan berani Mihajlovic terbukti tepat. Rossoneri berhasil mengakhiri rentetan 3 laga tanpa kemenangan, dengan menekuk Sassuolo 2-1 di San Siro. Gol tuan rumah dicetak Carlos Bacca dan Luiz Adriano.




2. Paolo Maldini
Donnarumma bukanlah pemain termuda Milan sepanjang sejarah. Jauh sebelumnya, Paolo Maldini sempat mencetak rekor sebagai pemain Milan termuda yang tampil di ajang Serie A.
Paolo Maldini
Hal tersebut terjadi dalam laga kontra Udinese, 20 Januari 1985. Maldini, yang baru berusia 16 tahun 208 hari, masuk menggantikan  Sergio Battistini.

Maldini akhirnya menjelma menjadi salah satu pemain terbesar yang pernah dimiliki Milan. 25 musim karirnya dia habiskan hanya bersama Rossoneri. Dia pensiun di usia 41 tahun pada 2009.

Dengan 647 penampilan, Maldini tercatat sebagai pemain yang paling sering tampil di Serie A. 26 trofi berhasil disumbangkan untuk Milan, dari mulai Serie A, Liga Champions, Coppa Italia, Piala Super Italia, Piala Super Eropa, Piala Intercontinental, dan Piala Dunia Klub.



3. Martin Odegaard
Nama Odegaard mencuat saat Real Madrid membeli pemain ini dari klub Norwegia, Stromsgodset dengan nilai transfer. Namun, dia tak lantas tampil di tim utama Odegaard masih harus berjuang tampil di tim Madrid Castilla yang dilatih Zinedine Zidane.
Pemain Muda Real Madrid, Martin Odegaard
Odegaard melakoni debut tak resmi bersama Madrid Castilla saat melawan Beijing Guoan. Dalam laga yang berakhir imbang 3-3 tersebut, Odegaard membuat dua aksi memukau yang berujung gol untuk El Real.

Odegaard tampil di laga resmi bersama Madrid Castilla pada 8 Februari 2015. Dia tampil di menit 70 saat Madrid Castilla bermain imbang 2-2 dengan Athletic Bilbao B di ajang Segunda Division B.

Akhirnya, pemain asal Norwegia ini melakoni debut bersama tim senior Madrid pada 23 Mei 2015. Dia masuk di menit 58 menggantikan Cristiano Ronaldo, saat Los Blancos melibas Getafe 7-3.  Dengan usia 16 tahun 157 hari, Odegaard tercatat sebagai debutan termuda sepanjang sejarah Madrid.



4. Reece Oxford

Satu lagi pemain yang mencuri perhatian di usia 16 tahun. Bek West Ham United, Reece Oxford melakoni debut di partai kompetitif di usia tersebut, saat menghadapi FC Lusitanos di babak pertama Kualifikasi Liga Europa.

Dalam laga yang dimenangkan The Hammers 3-0 itu, Oxford tercatat sebagai pemain termuda West Ham sepanjang sejarah.
Gelandang West Ham United, Reece Oxford (kanan)
Oxford melakoni debut di Premier League, 9 Agustus 2015. Dengan usia 16 tahun 237 hari, Oxford menjadi pemain termuda West Ham di Premier League. Pemain Timnas Inggris U-17 turut berperan penting terhadap gol yang dicetak Cheikhou Kouyate dan Mauro Zarate.

Penampilan Oxford dalam laga di Emirates tersebut menuai pujian. Dia membuat barisan penyerang Arsenal mati kutu, dan harus dipermalukan 0-2.



5. Jack Wilshere
Setelah sempat menimba ilmu di akademi Arsenal, Wishere melakoni debut bersama tim senior pada September 2008, di laga kontra Blackburn Rovers di Premier League. Dia masuk di menit 84, menggantikan Robin van Persie. Dengan usia 16 tahun 256 hari, Wilshere tercatat sebagai debutan termuda Arsenal di Premier League.
Gelandang Arsenal, Jack Wilshere
Tahun demi tahun berlalu, Wilshere akhirnya menjadi andalan The Gunners di lini tengah. Total, dia menyumbangkan 12 gol dari 155 penampilan. Wilshere turut membawa Arsenal meraih 2 gelar Piala FA dan satu Community Shield.

Pogba Catat Rekor, Ini Daftar 10 Pemain Termahal Dunia
Pemain Real Madrid, Cristiano Ronaldo

Real Madrid Dapat Kabar Gembira dari Ronaldo

Ronaldo sudah kembali berlatih bersama Madrid.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016