Ini 3 Kunci Agar Jadi Pelatih Sukses di Eropa

Sumber :
  • REUTERS/Michaela Rehle
VIVA.co.id
Cuma 4 Jam Barcelona Nikmati Puncak Klasemen LaLiga
- Impian melatih di kancah Eropa adalah harapan dari banyak peracik strategi. Apakah yang dibutuhkan untuk bisa menjadi sukses saat dipercaya tim-tim top benua biru?

Ronaldo Patahkan Rekor Penalti LaLiga
Ada tiga hal penting yang harus dimiliki sang pelatih. Hal tersebut diungkapkan bintang Real Madrid asal Jerman, Toni Kroos, yang sudah pernah ditangani oleh banyak pelatih top.

Hasil Lengkap Sepakbola Semalam, 26 Februari 2017
"Pertama, mereka harus memiliki filosofi bermain yang jelas dan gaya bermainnya juga harus bisa dimengerti. Tidak berubah-ubah," ujar Kroos pada Bild.

"Kedua, mereka harus bisa bicara pada pemain. Agar pesan mereka bisa disampaikan, sementara itu juga bisa terus pertahankan semangat tinggi. Kedua, mereka harus bisa hadapi sukses," tambahnya.

Dua pelatih top ada dalam daftar Kroos sepanjang karirnya, yaitu Carlo Ancelotti dan Pep Guardiola. Tapi, Guardiola memiliki keunggulan tersendiri dari urusan analisa.

"Dia adalah orang terbaik dalam urusan analisa lawan, persiapan pertandingan, dan mencari solusi," tutur Kroos soal mantan bosnya di Bayern Munich tersebut. (one)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya