Daftar Tim yang Belum Terdegradasi di 6 Liga Top Eropa

Pemain Inter Milan, Felipe Melo dan Stevan Jovetic
Sumber :
  • REUTERS/Alessandro Garofalo

VIVA.co.id - Tak banyak klub yang mampu terus bertahan di kompetisi teratas suatu liga. Apalagi di Eropa, yang persaingannya begitu ketat dari musim ke musim.

Tentunya, menarik disimak siapa saja tim yang tak pernah merasakan degradasi di 6 liga top Eropa: Jerman, Italia, Inggris, Spanyol, Prancis, dan Belanda.

Siapa saja mereka? Berikut seperti dilansir Guardian:

1. Eredivisie (Liga Belanda)

Ada 3 tim yang belum merasakan degradasi di Belanda. Tiga tim tak terlalu mengejutkan, karena merupakan pengoleksi gelar terbanyak, yakni Ajax Amsterdam, PSV Eindhoven, dan Feyenoord Rotterdam. Satu tim lainnya adalah FC Utrecht.

 Tawa Lebar  Pelatih PSV, Usai Gagalkan Misi Balas Dendam MU

Real Madrid Dapat Kabar Gembira dari Ronaldo

2. Ligue 1 (Liga Prancis)
Secara formal, Paris Saint-Germain merupakan satu-satunya tim yang belum terdegradasi di Ligue 1. Namun, situasi menjadi rumit karena pada 1972, klub ini terpecah menjadi 2. Satu tim tetap bertahan di Ligue 1 dengan nama Paris SC. Sementara itu, PSG dianggap sebagai tim amatir dan harus memulai dari divisi III. Les Parisiens kembali ke Ligue 1 sejak 1973-74 dan tak pernah terdegradasi sejak saat itu.

3. Bundesliga (Liga Jerman)
Bukan Bayern Munich atau Borussia Dortmund tim yang belum pernah mengalami degradasi. Catatan spesial ini justru diraih tim medioker Hamburg SV.

Ya, sejak Bundesliga kali pertama diadakan pada 1963, Hamburg belum pernah turun kasta. Di musim 2013-14 dan 2014-15, mereka hampir saja terdegradasi. Namun, masih selamat karena menang di partai playoff.
Bayern Dua Kali Tumbang, Hamburg Juarai Telekom Cup


4. La Liga (Spanyol)

Bisa ditebak, dua tim raksasa, Real Madrid dan Barcelona merupakan tim yang belum pernah terdegradasi dari kasta teratas Liga Spanyol. Satu tim lagi adalah Athletic Bilbao.
Klasemen La Liga: Barcelona Tutup 2015 di Puncak Klasemen
Getafe juga belum pernah merasakan degradasi. Namun, mereka baru pertama mencicipi La Liga pada 2004-05. Sebelum itu, Getafe lebih banyak tampil di kasta bawah Liga Spanyol.

Jawaban Pogba Membuat Real Madrid Batal Merekrutnya



5. Premier League (Inggris)

Ada 7 tim yang belum merasakan degradasi sejak era Premier League pada 1992. Mereka adalah Arsenal, Liverpool, Aston Villa, Manchester United, Everton, Tottenham Hotspur, dan Chelsea.
5 Fakta Unik Usai Arsenal Bekuk Bournemouth
Namun, jika menghitung era sebelum Premier League, tak ada satu pun tim yang tak pernah merasakan degradasi. Arsenal merupakan tim yang paling lama bertahan sejak terdegrasi kali terakhir (Divisi I, 1912-13).

6. Serie A (Italia)

Inter Milan merupakan satu-satunya tim yang belum pernah merasakan pahitnya degradasi di Serie A. La Beneamata selalu tampil di kasta teratas Italia sejak debut pada 1909.

Menang 3-0, Inter Milan Tembus Perempat Final Coppa Italia

(ren)

Pogba Catat Rekor, Ini Daftar 10 Pemain Termahal Dunia
Striker Barcelona, Lionel Messi

Barcelona Masih Mau Beli Striker Walau Sudah Ada MSN

Tapi, keputusan tersebut tergantung pada penilaian Luis Enrique.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016