6 Klub 'Tak Terkenal' Ini Pernah Juara Liga Inggris

Blackburn Rovers juara Premier League 1994-95
Sumber :
  • http://www.dailymail.co.uk

VIVA.co.id -  Kejutan besar terjadi di Premier League, hingga pekan ke-26. Dua tim yang sebelumnya tak diunggulkan, Leicester City dan Tottenham Hotspur berhasil mengisi posisi 2 besar.

Tak ada Manchester United, Chelsea, Liverpool, Arsenal, ataupun Manchester City di 2 besar klasemen Premier League. Menurut catatan Mister Chip, fenomena ini kali pertama terjadi sejak 1985.

Namun, sebenarnya sudah beberapa kali tim yang "tak terkenal" mampu menjadi juara di kasta teratas Liga Inggris. Baik saat masih First Division, ataupun saat memasuki era Premier League. Klub-klub ini bahkan sekarang sudah tak bermain di Premier League.

Berikut 6 klub tak terkenal yang pernah juara Liga Inggris:

1. Nottingham Forest
Sukses Nottingham Forest menjuarai English First Division 1977-78 tergolong fenomenal. Pasalnya, tim besutan Brian Clough hanya berstatus sebagai tim promosi.

Semusim sebelumnya, Forest baru saja promosi, usai menempati posisi 3 Second Division. Tak ada yang memprediksi Forest bisa juara saat masih berstatus tim promosi.

Namun, Forest sanggup membalikkan prediksi. Mereka sanggup menjadi juara dengan 64 poin dari 42 pertandingan, unggul 7 poin dari Liverpool yang finis di urutan 2.

Tim Kasta 2 Inggris Ini Punya 11 Pemain Luar Biasa

Ini menjadi satu-satunya gelar Liga Inggris Forest, sampai saat ini. Di musim yang sama, Forest juga menjuarai Piala Liga.

Kisah "dongeng" Forest berlanjut di 2 musim selanjutnya. Mereka melanjutkan hegemoni di Eropa dengan merengkuh European Cup (Liga Champions), dua musim beruntun pada 1978–79 dan 1979–80.



2. Derby County
Brian Clough benar-benar bisa "menyulap" tim yang sebelumnya tak diunggulkan menjadi juara. Sebelum sukses bersama Nottingham Forest, pria yang meninggal dunia pada 2004 ini juga meraih kesuksesan bersama Derby County.

Clough membawa Derby menjuarai First Division 1971-72. Di klasemen akhir, Derby mengumpulkan 58 poin dari 42 pertandingan. Mereka unggul satu poin dari Leeds United, Liverpool, dan Manchester City. Ini menjadi gelar Liga Inggris pertama untuk Derby.

Derby mengulang sukses menjuarai Liga Inggris di musim 1974-75, kali ini di bawah asuhan Dave Mackay.

Derby mengumpulkan 53 poin dari 42 laga. Mereka unggul 2 poin dari Liverpool dan Ipswich Town.

3. Portsmouth
Sejak 2010, Portsmouth harus absen dari Premier League karena masalah keuangan. Namun, ternyata Pompey pernah memiliki masa keemasan di Liga Inggris.

Portsmouth pernah menjuarai First Division dalam 2 musim beruntun. Pencapaian itu diraih pada 1948-49 dan 1949-50.

Di musim 1948-49, Portsmouth bersaing ketat dengan Manchester United dan Derby County. Portsmouth akhirnya menjadi juara, dengan keunggulan 5 poin atas MU dan Derby.

Di musim selanjutnya, Wolverhampton Wanderers dan Sunderland yang menjadi pesaing serius Portsmouth. Mereka pun keluar sebagai juara usai unggul selisih gol atas Wolves.




4. Preston North End
Tak banyak pecinta sepakbola yang mengenal Preston North End. Padahal, mereka tercatat sebagai tim pertama yang menjadi juara di kompetisi profesional Inggris.
Preston North End
Tim berjuluk The Invincibles ini sukses menjuarai Football League 1888-1889. Mereka bahkan sukses mempertahankan gelar semusim sesudahnya.

Bahkan pada 1889, Preston sukses meraih double winners. Selain menjuarai Liga Inggris, mereka juga sukses menyabet Piala FA.

Sayang, hanya itu dua gelar Liga Inggris yang diraih Preston. Sampai saat ini, klub ini jarang terdengar. Mereka kini hanya tampil di Championship atau kasta 2 Inggris, usai promosi musim lalu.

5. Leeds United
Semusim sebelum Premier League digelar, kejutan terjadi di First Division. Leeds United sukses menjadi juara di musim 1991-92.

Bermaterikan pemain dari mulai Gordon Strachan, Lee Chapman, David Batty, dan Gary McAllister, Leeds sukses mengalahkan Manchester United dalam perburuan gelar. Mereka menjadi juara dengan 82 poin dari 42 laga, unggul 4 poin atas MU.

Ini merupakan gelar Liga Inggris ketiga yang diraih Leeds. Sebelumnya, mereka menjadi yang terbaik pada 1968–69 dan 1973–74.


6. Blackburn Rovers
Di era Premier League, sangat sulit bagi tim-tim "kuda hitam" untuk bisa unjuk gigi. Maka raihan yang dicapai Blackburn Rovers di musim 1994-95 bisa dibilang sebagai prestasi yang luar biasa.
Blackburn celebrate their Premier League victory on the Anfield pitch in 1995 despite a 2-1 defeat
Di bawah kendali Kenny Dalglish, The Rovers menjadi kekuatan yang menakutkan. Mereka akhirnya sukses menjuarai Premier League, dengan keunggulan satu poin atas Manchester United yang ada di urutan 2.

Sukses Blackburn bertambah manis dengan keluarnya Alan Shearer sebagai top scorer dengan raihan 34 gol, sekaligys menyabet penghargaan PFA Players' Player of the Year. Sementara itu, Dalglish keluar sebagai manajer terbaik.

Ini menjadi gelar Liga Inggris pertama Blackburn setelah menunggu selama 81 tahun. Sebelumnya, mereka menjadi juara First Division pada 1911-12 dan 1913–14.

Wow! Gol Spektakuler Tendangan Salto dari Luar Kotak Penalti
Pelatih baru PS TNI, Judan Ali bersama Pelatih Timnas Inggris, Roy Hodgson

Pelatih Baru PS TNI Belajar di Akademi La Masia Barcelona

Perjuangannya sejak masih kecil menginspirasi sebuah film Bollywood.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2016