Facebook 'Dukung' Penghinaan Terhadap Fans Liverpool

Ilustrasi peringatan tragedi Hillsborough.
Sumber :
  • Liverpool Echo
VIVA.co.id
Prediksi Pertandingan Premier League: West Ham United vs Liverpool
- Facebook melanjutkan sikap kontroversial dalam kebijakan apa yang boleh dan tidak boleh diunggah pada situs mereka. Media sosial itu menolak untuk menghapus halaman yang mengolok-olok korban tragedi Hillsborough.

5 Fakta Menarik Jelang Duel Everton vs Liverpool di Premier League

Dikutip dari
Liverpool Sudah Temuka Pengganti Juergen Klopp
Mirror pada Kamis, 3 Maret 2016, halaman itu menampilkan foto-foto dan lelucon, untuk menghina 96 suporter Liverpool yang tewas, dalam insiden di Hillsborough Stadium pada 1989.


Selain 96 jiwa yang tewas, sebanyak 766 orang cedera dalam tragedi di stadion milik Sheffield Wednesday, pada 15 April 1989. Banyak orang telah melaporkan halaman itu pada Facebook, karena dinilai melakukan tindakan yang tak pantas.


Namun, Facebook yang sangat responsif dalam menanggapi berbagai laporan terkait sikap anti LGBT, justru menolak untuk menutup halaman yang mengolok-olok korban tragedi Hillsborough.


"Saya berteman dengan beberapa korban selamat, dan anggota keluarga yang tewas. Halaman ini sungguh menarik perhatian saya," kata Sonia Abiade, salah seorang pelapor halaman itu dalam wawancara dengan Liverpool Echo.


Dia kecewa dengan sikap Facebook, mendukung penghinaan terhadap orang-orang yang meninggal dalam tragedi. "Mengapa anggota keluarga korban harus masuk ke Facebook dan melihat halaman yang menghina korban?"


Sonia mengatakan ada ratusan orang yang telah melapor pada Facebook, hanya untuk menerima balasan bahwa halaman itu tidak melanggar standar komunitas Facebook. Halaman serupa sebelumnya juga muncul di awal 2016.


Halaman yang juga mengolok-olok korban tragedi Hillsborough itu akhirnya ditutup Facebook, setelah para pendukung Liverpool mengancam akan memboikot media sosial itu. Kali ini, tampaknya Liverpudlian juga harus membuat ancaman yang sama lebih dulu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya