Transfer Pogba Rampung, Agen Raup Untung Besar

Mario Balotelli (kiri) dan agennya, Mino Raiola.
Sumber :
  • Istimewa
VIVA.co.id
Harry Maguire Belum Pantas Jadi Kapten Manchester United
- Mino Raiola menjadi sosok penting di balik suksesnya mega transfer Paul Pogba ke Manchester United dari Juventus. Dia juga diduga menjadi sosok yang paling diuntungkan terkait transfer ini.

5 Pertemuan Terakhir MU Vs Tottenham, Hujan Gol dan Pembantaian

Seperti dilansir laman olahraga Spanyol, Marca, Selasa 9 Agustus 2016, agen Pogba tersebut mendapat €30 juta (Rp435 miliar) dari total €120 juta nilai transfer kliennya itu.
Marcus Rashford Gantikan Kylian Mbappe di PSG?


Dengan bonus sebesar itu, agen ternama asal Italia itu pun disinyalir mengungguli agen super lain asal Portugal, Jorge Mendez di bursa transfer musim panas ini.


Selain bonus besar dari transfer Pogba, Raiola juga diprediksi masih akan terlibat dengan sejumlah negosiasi besar lainnya di sisa waktu bursa transfer musim panas ini.


Dia terlibat terkait proses transfer Blaise Matuidi ke Juventus dengan nilai €30 juta dan Romelu Lukaku dari Everton ke Chelsea dengan nilai €60 juta yang masih berlangsung.


Raiol ditaksir terlibat dalam perputaran uang sebesar €200 juta di bursa transfer musim panas ini. Mengungguli super agen lainnya asal Portugal, Jorge Mendes.


Karier Raiola


Keputusan Raiola tidak meneruskan bisnis restoran keluarga menjadi keputusan yang tepat. Dia memilih menjajal peruntungan di dunia sepakbola profesional sebagai agen.


Raiola memulai karier sebagai agen pemain dengan bergabung ke perusahaan Sports Promotion. Dia menjadi penghubung antara Eredivise dan Serie di era 1990-an.


Kemampuannya menggunakan tujuh bahasa (Inggris, Italia, Prancis, Spanyol, Belanda, Jerman dan Portugal), membuat kairernya melesat.


Dia menjadi perantara transfer besar Dennis Bergkam ke Inter pada 1996. Transfer yang membuat Raiola memiliki keberanian menjadi agen mandiri dengan membuat perusahaan sendiri.


Dan transfer pertamanya sebagai agen adalah terkait transfer Pavel Nedved ke Juventus pada 2001. Gaya komunikasi yang tidak biasa membuat banyak bintang berminat dimanajeri olehnya.


Dan salah satu pemain yang sukses dimanajeri Raiola adalah Zlatan Ibrahimovic. Raiola sukses menjual Ibrahimovic ke Inter Milan, Barcelona, AC Milan, PSG dan MU.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya