6 Tahun, Liverpool Raup Rp6 Triliun dari Bursa Transfer

Pemain Liverpool, Luis Suarez, gagal cetak gol
Sumber :
  • REUTERS/Darren Staples

VIVA.co.id – Liverpool menjadi klub yang paling banyak mendapatkan uang dari menjual pemain, dalam bursa transfer sejak 2010. Menurut CIES Football Obesrvatory, dalam kurun waktu 6 tahun tersebut, Liverpool telah mengumpulkan €442 juta (sekitar Rp6,4 triliun). 

Negosiasi Kontrak Mohamed Salah Belum Temui Titik Terang

Dari nilai tersebut, setengahnya didapat dari penjualan Fernando Torres, Luis Suarez dan Raheem Sterling. Liverpool menjual Torres ke Chelsea dengan nilai £50 juta. 

Kemudian, Barcelona memberikan mahar sebesar sekitar £75 juta untuk mendapatkan Suarez. Manchester City mengeluarkan anggaran sebesar £49 juta, untuk mendatangkan Sterling. 

Kesalnya Lautaro Martinez saat Alexis Sanchez Dikartu Merah

Di bawah Liverpool ada Valencia, yang berhasil mengumpulkan €432 juta dari penjualan pemain. Peringkat 3 diduduki oleh Juventus dengan  €415 juta. 

Benfica berada di peringkat 4 dengan  €414 juta. Sedangkan FC Porto di posisi 5 dengan €382 juta.

Daftar Tim yang Sudah Lolos ke 8 Besar Liga Champions

Meski memiliki pendapatan besar dari penjualan pemain, namun nilai transfer Liverpool secara keseluruhan masih minus -€221 juta. Nilai tersebut masih kecil jika dibandingkan dengan Manchester City yang mencapai -€777 juta.  (one)

AP Photo/Frank Augstein

Jadwal Siaran Langsung Sepakbola, Ada Liverpool hingga MU Vs Tottenham

Sejumlah laga seru bakal menghiasi layar kaca Anda di akhir pekan ini. Di antaranya laga big match Manchester United vs Totenham Hotspur. Liverpool juga bakal tampil

img_title
VIVA.co.id
12 Maret 2022