Mana yang Terbaik, Ronaldo di Madrid atau Messi di Barca?

Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo
Sumber :
  • REUTERS/Arnd Wiegmann

VIVA.co.id – Perdebatan dalam mengukur mana yang lebih baik antara Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi tak pernah habis. Mulai dari skill individu hingga pencapaian bersama klub dan tim nasional selalu menarik dibahas.

Lionel Messi Butuh Bantuan 'Orang Dalam' untuk Tampil di Piala Dunia Antarklub 2025

Penganugerahan Ballon d'Or yang akan berlangsung Januari 2017 mendatang diprediksi akan menjadi milik Ronaldo. Pemain berjuluk CR7 tersebut sukses memenangkan Liga Champions bersama Real Madrid dan membawa Portugal merengkuh Piala Eropa 2016.

(Baca juga: Perayaan Messi Usai Hattrick ke Gawang ManCity)

Comeback Usai Cedera, Lionel Messi Langsung Bikin Gol! Tapi Inter Miami ...

Sedangkan Messi, hanya mampu mempersembahkan gelar juara La Liga untuk Barcelona di musim lalu. Bersama timnas Argentina, dia gagal di final Copa America Centenario 2016, dan sempat menyatakan pensiun karena tekanan berlebih.

Tak ingin berhenti sampai di situ, Marca kemudian melakukan perbandingan Ronaldo dan Messi dalam urusan mencetak gol selama bermain untuk klub Spanyol. Catatan assist pun menjadi pertimbangan.

Siap-siap! Lionel Messi Comeback Pagi Ini Usai Sebulan Cedera

Messi bersama Barcelona telah bermain di 380 pertandingan. Pemain berjuluk La Pulga itu mencetak 384 gol dan memberikan 172 assist kepada rekan-rekannya untuk mencetak gol.

(Baca juga: Ronaldo Kena Tuduhan Penghinaan Agama)

Sedangkan Ronaldo telah bermain di 356 pertandingan bersama Madrid. Total pemain berusia 31 tahun tersebut membukukan 369 gol dan 104 assist.

Dari segi agresivitas, Ronaldo tentu lebih unggul ketimbang Messi. Eks pemain Manchester United itu mencatatkan rata-rata 1,03 gol dan 0,29 assist per pertandingan. Sedangkan Messi,  1,01 gol dan 0,45 assist per pertandingan.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya