Tips Lihat Gerhana Bulan Langka ala Ilmuwan NASA

Persiapan Melihat Gerhana Bulan Total
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Septianda Perdana

VIVA – Super Blue Blood Moon atau Gerhana Bulan Langka yang terakhir terjadi pada 152 tahun lalu, merupakan tontonan langka bagi masyarakat dunia. Tidak hanya untuk masyarakat awam, fenomena ini juga merupakan momentum berharga bagi para ilmuwan yang mengamati Bulan. 

Stasiun Luar Angkasa AS-Rusia Masuk Dalam Ketegangan Geopolitik

Dilansir dari Space, Rabu 31 Januari 2018, peneliti Bulan dari NASA, Noah Petro, pun mengungkapkan bahwa nanti malam, Bulan akan tampak lebih besar dan bersinar di langit. Perubahan warna pun akan terjadi. 

"Kecerahan akan berubah menjadi warna merah berkarat yang indah, yang tidak biasa dilihat orang selama ini," ujarnya. 

Sampah China Diburu Amerika

Dia pun berbagi tips untuk masyarakat agar bisa menikmati fenomena ini dengan maksimal. Untuk bisa menikmati Gerhana Bulan Total yang langka ini, hal utama yang harus diperhatikan adalah memilih tempat dengan pemandangan yang jelas ke arah langit barat. 

"Tempat terbaik yang paling sederhana untuk melihat fenomena ini adalah di halaman belakang rumah, atau berkumpul dengan teman di tempat dengan pemandangan yang jelas ke langit barat," ujarnya. 

Rusia-Amerika Memanas, NASA dan Roscosmos Ogah Ikut-ikutan

Di kota-kota besar, menurutnya, pemandangan indah ini bisa terlihat di balik bangunan-bangunan besar. Karena itu, jika ingin melihatnya secara utuh, harus dilakukan di daerah yang lapang. 

Bagi para ilmuwan, fenomena ini juga sangat berharga karena mereka bisa meneliti aktivitas Bulan lebih dalam. Khususnya, saat permukaan Bulan mendingin ke level tertingginya, lalu tersinari Matahari dengan intensitas tinggi. Fenomena itu tak bisa diamati meskipun saat siang di Bulan.

Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Bisa Dihuni Manusia, Ini 10 Fakta Stasiun Luar Angkasa ISS

Fakta Stasiun Luar Angkasa ISS 'International Space Station' adalah proyek konstruksi multi negara yang merupakan struktur tunggal.

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2022