FOTO: Gerhana Bulan Total di Berbagai Belahan Dunia

Gerhana Bulan Total Super Blue Blood Moon di Norwegia
Sumber :
  • NTB Scanpix/Heiko Junge/via Reuters

VIVA – Gerhana Bulan Total telah muncul semalam. Pengamat dari berbagai belahan dunia menyaksikan dan mengabadikan fenomena alam langka, sebab berbarengan dengan momentum Supermoon dan Blue Moon. Maka fenomena langka ini disebut juga Super Blue Blood Moon. 

2 Gerhana di Ramadhan 2024 Tanda Datangnya Imam Mahdi? Ini Kata Buya Yahya

Momentum Supermoon terjadi, lantaran pada 31 Januari 2018, bulan berjarak terdekat dengan bumi (perigee), yakni 358.993 kilometer dari bumi. Hal ini menjadikan penampakan purnama akan lebih besar dari normalnya purnama atau dikenal istilah Supermoon. 

Purnama pada 31 Januari ini, akan menjadi yang kedua kalinya hadir selama Januari atau dikenal dengan istilah Blue Moon. Sedangkan istilah Blood Moon atau ‘bulan semerah darah’ muncul kala Gerhana Bulan total terjadi. Bulan akan berwarna kemerah-merahan.

Deretan Fenomena Bulan Purnama Tahun Ini

Jadi pada 31 Januari semalam, terjadi fenomena purnama dan gerhana bulan, dan mengingat penamaan di atas, fenomena gerhana bulan total itu kadang disebut Super Blue Blood Moon atau Bulan Super Darah Biru.

Berikut beberapa foto penampakan Super Blue Blood Moon di berbagai belahan dunia:

Jam Berapa Gerhana Bulan Sebagian Bisa Dilihat di Indonesia Hari Ini?

Gerhana Bulan Total Super Blue Blood Moon terlihat dari Longyearbyen, Svalbard, Norwegia Gerhana Bulan Total Super Blue Blood Moon terlihat dari belakang kapal feri Staten Island, di Brooklyn, New York, AS? Gerhana Bulan Total Super Blue Blood Moon terlihat di atas apartemen di Ankara, Turki

Pengamatan juga berlangsung di Indonesia. Beberapa titik lokasi mengamati fenomena langka ini. Warga di Jakarta dan daerah di Indonesia antusias menyaksikan gerhana bulan langka tersebut. 

Gerhana Bulan Total Super Blue Blood Moon di Monumen Nasional, Jakarta.
Gerhana Bulan Total Super Blue Blood Moon di kawasan Pancoran, Jakarta.
Gerhana Bulan Total Super Blue Blood Moon di kawasan Pancoran, Jakarta.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya