FOTO: Gerhana Bulan Total di Masjidil Haram

Foto Gerhana Bulan Total di langit Masjidil Haram
Sumber :
  • Facebook/@TheArabNews

VIVA – Gerhana Bulan Total telah disaksikan warga di berbagai belahan dunia. Fenomena alam ini juga menjadi incaran fotografer.

Terakam Momen Haru Polisi Gendong Jemaah Umroh Disabilitas, Terima Ganjaran Ini

Fotografer Arab News, Ahmad Hashad mengabadikan bagaimana fenomena alam yang dinamakan sebagai super blue bloood moon di langit Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi. 

Dalam foto Super Blue Blood Moon di langit Masjidil Haram bidikan Hashad itu, dikutip dari Arab News, Kamis 1 Februari 2018, bulan tampak di langit gelap dan dipadu dengan menara Masjidil Haram. Foto yang diposting akun media sosial Arab News ini langsung mendapat banyak respons dari pengguna media sosial Facebook maupun Twitter.

7 Lantunan Merdu Imam Masjidil Haram Memandu Sholat Tarawih di Bulan Ramadhan

Fenomena alam Gerhana Bulan Total memang dikategorikan fenomena yang langka, sebab berbarengan dengan Supermoon dan Blue Moon. Maka fenomena langka ini disebut juga Super Blue Blood Moon. 

Momentum Supermoon terjadi, lantaran pada 31 Januari 2018, bulan bakal berjarak terdekat dengan bumi (perigee), yakni 358.993 kilometer dari bumi. Hal ini menjadikan penampakan purnama akan lebih besar dari normalnya purnama atau dikenal istilah Supermoon. 

Jarang Terjadi, Detik-detik Imam Masjidil Haram Sujud Sahwi Gegara Lupa Rakaat Tarawih

Purnama pada 31 Januari ini, akan menjadi yang kedua kalinya hadir selama Januari atau dikenal dengan istilah Blue Moon. Sedangkan istilah Blood Moon atau ‘bulan semerah darah’ muncul kala Gerhana Bulan total terjadi. Bulan akan berwarna kemerah-merahan.

Jadi pada 31 Januari semalam, terjadi fenomena purnama dan gerhana bulan, dan mengingat penamaan di atas, fenomena gerhana bulan total itu kadang disebut Super Blue Blood Moon atau Bulan Super Darah Biru.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya