Misterius, Telegram Hilang dari App Store

Ilustrasi/Aplikasi Telegram.
Sumber :
  • REUTERS/Dado Ruvic

VIVA – Aplikasi perpesanan Telegram menghilang dari pusat aplikasi App Store di iPhone dan iPad. Lenyapnya Telegram dari pusat aplikasi itu belum mendapat penjelasan dari perusahaan secara resmi. 

Foto Perempuan Telanjang Bocor Tanpa Izin di Telegram

Dikutip dari 9to5mac, Kamis, 1 Februari 2018, hilangnya Telegram dari App Store pertama kali terendus oleh pengguna internet di situs forum Reddit. 

Ada beberapa spekulasi yang mengiringi hilangnya Telegram tersebut. Beberapa pengguna di forum itu menduga, hilangnya Telegram berkaitan dengan pembaharuan besar dari Telegram untuk di Android. Namun spekulasi itu dianggap sangat tidak masuk akal, kenapa pembaharuan Telegram di Android membuat Telegram di App Store menjadi lenyap. 

Telegram Padam dari Semalam

Ada spekulasi lain, lenyapnya Telegram itu karena akibat kesalahan dan kemungkinan aplikasi tersebut akan muncul kembali di App Store. 

"Ini tidak disengaja menurut sumber dari Telegram Support. Semoga ini akan bisa diselesaikan segera," tulis salah satu pengguna Reddit. 

Telegram Panen 70 Juta Pengguna Akibat WA-IG-FB Down

Aplikasi Telegram

Pengguna Telegram yang lain menduga, hilangnya aplikasi ini karena Telegram sedang menyiapkan rilis pembaharuan aplikasi mereka dan tak sengaja menghapus dari pusat aplikasi. 

"Tidak ada alasan Telegram akan lenyap dan tidak bisa digantikan. Mari berharap ini hanya insiden kecil dan Telegram mengunggah versi baru dari Telegram atau Telegram X," ujar salah satu pengguna. 

Spekulasi lainnya, menyebutkan hilangnya aplikasi Telegram di App Store dampak dari rilis Telegram X yang dilakukan pada 31 Januari 2018. Sampai saat ini belum ada keterangan dari Telegram maupun dari pendirinya, Pavel Durov.  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya