Samsung Bikin Chip Khusus untuk Bitcoin

Logo Samsung.
Sumber :
  • REUTERS/Kim Hong-Ji/File Photo

VIVA – Samsung merespons tren mata uang digital. Perusahaan teknologi Korea Selatan itu mulai memproduksi chip untuk menambang Bitcoin. Untuk memproduksi chip khusus ini, Samsung bekerja sama dengan perusahaan China.

Influencer dan Gamer dari Seluruh Dunia Siap Menyerbu Tangerang, Banten

Seorang sumber dari pejabat Samsung mengungkapkan informasi ini, berdasarkan laporan koran Korea Selatan, The Bell, meminta untuk disamarkan namanya. 

Menurut laporan tersebut, Samsung dijadwalkan akan memproduksi chip secara massal pada bulan ini dan didistribusikan perusahaan penambang Bitcoin asal China. 

Samsung Bakal Keluarin Ponsel Lipat Murah, Catat Waktunya

Dikutip dari Coindesk, Kamis 1 Februari 2018, kabar dari sumber Samsung ini menjawab desas-desus Samsung terjun dalam dunia penambangan uang mata digital. Rumor ini berhembus sejak Oktober tahun lalu, saat Samsung meluncurkan alat penambang Bitcoin untuk smartphone jadul Android dalam sebuah konferensi di Amerika Serikat. 

Soal mitra untuk membuat chip menambang Bitcoin, ada dugaan Samsung tidak menjalin kerja sama dengan perusahaan tunggal. 

Samsung Galaxy A35 5G Punya Kemampuan Menyelam

Spekulasi ini didasarkan pada laporan surat kabar Korea Selatan lain, The Investor, pada Desember tahun lalu. Laporan The Investor menyebutkan, Samsung telah menggandeng perusahaan penambangan Bitcoin asal Rusia, Baikal, untuk memproduksi chip khusus penambangan. Dalam kerja sama dengan Baikal, produksi chip itu dimulai pada Januari 2018.

Samsung yang terjun ke industri penambangan mata uang digital ini dinilai menandai perluasan fokus bisnis produksi chip Samsung. Bisnis produksi chip Samsung pada tahun lalu berkontribusi lebih dari 60 persen dari total pendapatan operasi perusahaan. 

Jika memang Samsung serius dan benar terjun ke industri chip mata uang digital ini, maka akan bersaing dengan Bitmain yang berbasis dari China, Perusahaan ini telah menguasai pangsa pasar industri chip mata uang digital dengan raihan pangsa pasar 70 persen.   

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya