Ultah Facebook dan 'Dosa-dosa' Mark Zuckerberg

Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg
Sumber :
  • Reuters/Mariana Bazo

VIVA – Facebook telah menginjak usia 14 tahun. Banyak hal yang sudah dilewati Facebook pada usia belasan tahun tersebut. Pendiri dan Chief Executive Officer Facebook, Mark Zuckerberg menyambut ulang tahun Facebook itu dengan mengakui kesalahan atau ‘dosanya’. 

Taliban Plans to Block Facebook Access in Afghanistan

Dalam postingannya di akun Facebooknya, Zuckerberg membeberkan ‘dosa-dosanya’ dalam ulang tahun Facebook. 

"Selama bertahun-tahun saya telah membuat hampir setiap kesalahan yang bisa Anda bayangkan. Saya telah membuat puluhan kesalahan teknis dan penawaran buruk. Saya telah mempercayai orang yang salah dan telah menempatkan orang-orang berbakat dalam peran yang salah," tulis Zuckerberg dalam postingannya dikutip, Senin 5 Februari 2018. 

Taliban Akan Blokir Akses Facebook di Afghanistan

Suami dari Priscilla Chan itu melanjutkan, merasa bersalah telah melewatkan tren penting dan terlambat merespons dengan orang lain. 

"Saya telah meluncurkan produk yang gagal," ujarnya. 

Puluhan Pelaku Kejahatan Diciduk Polres Depok, 2 di Antaranya Tega Bacok Korban

Tidak jelas kesalahan konteks apa yang dimaksud Zuckeberg tersebut. Laman Cnet, mencoba untuk mengonfirmasi ke Facebook tentang maksud postingan Zuckerberg tersebut. Namun media sosial populer itu belum memberikan jawaban atas postingan pendirinya tersebut.

Entah dosa apa yang dimaksudkan Zuckerberg tersebut. Namun belum lama ini, Facebook bersama Twitter dan Google, tersangkut dengan dugaan ikut terlibat dalam Pemilu Amerika Serikat. Platform teknologi itu disalahgunakan oleh agen Rusia dalam kepentingannya dalam Pemilu Negeri Paman Sam yang dimenangkan oleh Donald Trump. 

Belum lama ini, Facebook juga memutuskan untuk lebih memprioritaskan postingan dari keluarga dan teman pengguna dibanding postingan dari merek komersial dan media. 

Dalam laporan pendapatan Facebook kuartal keeempat 2017, Zuckerberg bahkan mengakui 2017 adalah tahun yang berat. Namun untungnya pada tahun yang sulit, Facebook dan WhatsApp mencetak pertumbuhan yang positif. 

"2017 merupakan tahun yang luar biasa bagi Facebook, tapi juga merupakan tahun yang berat. Pada 2018 ini, kami berfokus untuk memastikan Facebook tidak hanya menyenangkan untuk digunakan, tetapi juga bermanfaat bagi kesejahteraan orang dan juga masyarakat," ujar Zuckerberg.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya