Kelakuan Orang Indonesia, Demi YouTube Rela Kuras Kuota

Media Gatehring Smartfren 2018
Sumber :
  • VIVA/Novina Putri Bestari

VIVA – Kebanyakan orang Indonesia masih menggunakan YouTube sebagai sarana streaming hingga menghabiskan setengah kuota internet per bulannya. Situs ini masih lebih banyak diakses dibandingkan aplikasi streaming lain seperti Joox dan Livescope. 

Mensos Risma Berikan Pesan ke Konten Kreator: Tidak Usah Takut untuk Melangkah!

Head of Customer Experience and Analytics Smartfren, Sharizan Zaki mengungkapkan, pengguna Smartfren yang mencapai 12 juta paling suka streaming video di YouTube. Bahkan mereka rela menghabiskan kuota internet demi bisa terus streaming YouTube. 
 
"Kalau YouTube itu ditotal trafik Smartfren itu sekitar 40-50 persen. Kalau YouTube di operator-operator lain juga yang paling gede," jelasnya ditemui VIVA, Kamis 8 Februari 2018. 

Zaki menjelaskan, penggunaan YouTube lebih banyak 2 hingga 3 kali dibanding menggunakan aplikasi streaming seperti Joox, live streaming dan lainnya. Sedangkan media sosial menjadi pemakaian terbanyak pengguna Smartfren.

YouTube Luncurkan sebuah Serial Dokumenter 5 bagian berjudul “Seribu Kartini”

"Kalau sosial media Instagram Facebook gitu dari 20 hingga 30 persen pengguna internet," ujarnya.

Ilustrasi video streaming di YouTube.

Sebut Pemain Lokal 11-12 dengan Naturalisasi, Pemain PSBS Biak M Tahir Diserang Netizen

Smartfren mulai mendata kebiasaan penggunanya dalam berinternet dalam sistem yang bernama Customer Experience Management (CEMS) sejak 2016. Salah satunya adalah pada akhir 2017, 90 persen pengguna Smartfren tersebut menggunakan data 1 hingga 8 GB per bulannya. Dengan rata-rata penggunanya menghabiskan 5 GB selama satu bulan. 

Dalam analisis tersebut juga terlihat pengguna paling sedikit menggunakan kuota internet 1 GB dan terbanyaknya mencapai 30 GB.

Pendeta Gilbert Lumoindong

Sang Anak Minta Transfer Uang ke Jemaat, Sumber Penghasil Pendeta Gilbert Jadi Sorotan

Masyarakat Indonesia sedang ramai diperbincangkan oleh tindakan yang dilakukan oleh anak Pendeta Gilbert, Garren Lumiondong, yang diduga meminta uang anggota jemaatnya.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024