Everipedia Dikucuri Dana Rp402 Miliar oleh Bank Digital

Ilustrasi perjanjian bisnis.
Sumber :
  • CryptoCurry

VIVA – Ensiklopedia berbasis online, Everipedia, menerima kucuran dana dari Bank Mata Uang Digital, Galaxy Digital, sebesar US$30 juta atau setara Rp402 miliar.

Blockchain Bikin Transaksi Keuangan Lintas Batas Enggak Ribet

Mengutip situs Coindesk, Sabtu, 10 Februari 2018, Co-Founder Everipedia, Sam Kazemian, mengatakan, dana tersebut akan digunakan untuk membiayai Protokol Blokchain yang sedang mereka kembangkan.

Pesaing Wikipedia ini membuat protokol untuk token digital seperti token Ethereum yang nantinya menjadi kunci backend dari Everipedia. Token-token tersebut akan diberikan kepada pemegang EOS, sebuah platform desentralisasi untuk mata uang virtual.

Data Center Ini Ngakunya Paling Hemat Energi se-Jakarta

Menurut Sam, pemegang token akan mendapatkan beberapa akses seperti menulis artikel di Everipedia, mengawasi aktivitas situs dan memperbarui artikel.

Protokol Blockchain ini membuat proses penyuntingan artikel lebih transparan. Ketika akan menyunting artikel, pemegang token harus memberikan sedikit jaminan untuk menghindari penyuntingan artikel yang meragukan.

Pintar Investasi Kripto Lewat Wadah Edukasi

"Jadi, jika artikel yang disunting tidak valid, pemegang token harus merelakan jaminan uang digitalnya. Pemegang token juga memiliki hak suara untuk memilih apa yang ingin ditambahkan di situs Everipedia," ungkap Sam, yang bahagia usai dikucuri dana dari perusahaan milik Mike Novograts tersebut.

Lebih jauh ia mengungkapkan, skema Protokol Blockchain ini pertama kali dibuat oleh Galaxy Digital. Everipedia telah memiliki tiga juta pengunjung situs setiap bulannya, dan mengoleksi lebih dari enam juta artikel.

Jumlah ini masih kalah jauh dari Wikipedia yang memiliki 40 juta artikel dari 293 bahasa. Pada 30 Juli 2014, Wikipedia menerima Bitcoin sebagai donasi berkat kerja sama dengan perusahaan dompet digital, Coinbase.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya