Hari Valentine, Saatnya Ucapkan Selamat Tinggal ke Starman

Starman di belakang kemudi mobil Tesla Roadster
Sumber :
  • Instagram/@elonmusk

VIVA – Momen Hari Valentine akan menjadi perpisahan penikmat langit yang ingin menyaksikan mobil listrik Tesla Roadster beserta sopir manekin Starman di sekitar orbit Bumi. Pada hari yang dikenal sebagai Hari Kasih Sayang itu, menjadi momen mengucapkan Selamat Tinggal kepada Starman.

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Bogor, Bandung Jumat 19 April 2024

Pada 14 Februari 2018, Starman dan mobil Tesla Roadster akan menghilang di antariksa, dan menghilang dari pemandangan mata telanjang pengamat di daratan. 

Dikutip dari Mashable, Rabu 14 Februari 2018, proses lenyapnya Starman dan mobil Tesla itu akan disiarkan langsung melalui rekaman online Virtual Telescope Project. Anda bisa menyaksikan detik-detik Starman dan mobil Tesla itu lenyap dari pengamatan. 

Catherine Wilson Ngaku Malu, Mobil Pemberian Idham Masse Ditarik Pihak Leasing

Menurut jadwal, rekaman proses menghilangnya Starman dan mobilnya itu akan dimulai pada 19.30 Rabu malam dan bisa disaksikan melalui tautan ini.

Rekaman itu nantinya akan menjadi terakhir kalinya pengamat di Bumi untuk bisa melihat Starman dan mobil listrik Tesla yang diluncurkan ke luar Bumi melalui roket terkuat sejagat milik SpaceX, Falcon Heavy. 

Baliho Ambruk Timpa Mobil di Parung Bingung, Arus Lalulintas Tersendat

Pendiri SpaceX, Elon Musk mengharapkan Starman dan mobil Tesla akan mengorbit makin menjauh dari Bumi, dan mendekati Planet Mars. Starman punya tujuan akhir yakni mencapai area Sabuk Asteroid, yang terletak antara orbit Planet Mars dan Jupiter.

Pada Kamis 8 Februari 2018, Elon Musk mengonfirmasikan mobil Red Roadster yang diawaki Starman, dalam perjalanan menuju orbit Planet Mars. 

Starman dan tumpangannya itu akan mengorbit eliptikal mengelilingi Matahari. Pada titik terjauhnya, Starman dan Roadster akan mengorbit pada jarak sekitar 390 juta kilometer. Jarak tersebut, 2,61 kali dari jarak rata-rata Bumi ke Matahari yakni rata-rata 150 juta kilometer.

Dalam keterangannya, Musk menuturkan, mobil listrik Roadster akan mengorbit Matahari dalam jutaan sampai miliaran tahun. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya