Kenapa Saat Imlek Kerap Hujan

Perayaan imlek.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

VIVA – Setiap tahun Tahun Baru Imlek disertai dengan hujan. Sebagian masyarakat berpandangan, dengan hujan turun saat Tahun Baru Imlek, berarti penuh dengan keberkahan. Hujan turun tiap Tahun Baru Imlek kemudian dianggap sudah menjadi sebuah hal yang lazim, bahkan ada yang menilai hal itu sebagai mitos belaka.

BMKG Sebut Erupsi Gunung Ruang di Sulut Berpotensi Tsunami: Ada Catatan Sejarahnya

Kepala Bidang Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca BMKG, Ramlan menjelaskan, fenomena turunnya hujan bertepatan atau menjelang Tahun Baru Imlek memang hanya kebetulan saja. Sebab Tahun Baru Imlek tiap tahun jatuh pada Februari. Di Indonesia, pada Februari merupakan musim basah alias hujan. 

"Coba Imleknya bulan Juni atau Juli, pasti enggak hujan. Kan wilayah Indonesia puncak-puncaknya musim hujan terjadi pada Desember, Januari dan Februari," jelasnya kepada VIVA, Rabu 14 Februari 2018. 

Gunung Ruang Erupsi, Pemkab Sitaro Tetapkan Tanggap Darurat Selama 14 Hari

Dia menuturkan, jika Tahun Baru Imlek dinamis bergeser tiap tahunnya seperti Hari Raya Idul Fitri, maka fenomenanya bakal lain. 

"Coba Imleknya setiap tahun bulannya bergeser seperti Hari Raya Idul Fitri dan tidak selalu bulan Februari," katanya. 

BMKG Temukan Ketebalan Tutupan Es di Papua Berkurang 4 Meter

Jika di Indonesia, Imlek tiap tahun disambut dan disertai dengan hujan, beda halnya dengan nuansa Hari Raya Imlek di luar tanah air. 

Ramlan mengatakan di Tiongkok, saat Hari Raya Imlek, cuacanya cukup bersahabat. Apalagi di Negeri Tembok Raksasa beda musimnya dengan dua musim yang ada di Indonesia. Dalam sepekan terakhir dan sampai datangnya Hari Raya Imlek, Ramlan menuturkan, berdasarkan data aplikasi prakiraan cuaca, di Beijing, Tiongkok malah cerah.

Libur Imlek, Kota Tua Tetap Ramai Wisatawan Meski Diguyur Hujan

Untuk itu, menurutnya sudah jelas Hari Raya Imlek di Indonesia turun hujan memang karena bertepatan dengan puncak musim hujan.

"Secara ilmiah memang tidak bisa kita pertanggungjawabkan (keyakinan itu). Namun bila menghubungkan mitos tersebut dengan keyakinan masing-masing ya silakan saja," ucapnya. 

Hari Raya Imlek di Indonesia jatuh pada Jumat 16 Februari 2018.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya