Kominfo Serahkan Digital Dashboard ke Kemenhub

Menhub Budi Karya (Kiri) dan Menkominfo Rudiantara (kanan).
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fikri Halim

VIVA – Kementerian Komunikasi dan Informatika menyerahkan hasil kustomisasi digital dashboard angkutan sewa khusus kepada Kementerian Perhubungan.

Tarif Angkutan Barang akan Diatur Kemenhub

Penyerahan dilakukan oleh Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan ke Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi, di Jakarta, Rabu hari ini, 14 Februari 2018.

Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika, Noor Iza, mengatakan bahwa kedua pihak sebetulnya sudah sama-sama melihat dan membahas penambahan yang harus disematkan di perangkat lunak (software) pengawas tersebut.

Kemenhub: Tidak Ada UU ODOL, Hanya Penguatan Regulasi

"Surat hasil finalisasi digital dashboard dilampiri petunjuk atau manual serta kode otorisasi akses sesuai yang telah disepakati hari Senin (12 Februari) lalu telah saya kirimkan ke Pak Budi. Jadi, sejak kemarin sudah diselesaikan," kata Noor Iza, dalam keterangannya.

Ia melanjutkan, digital dashboard tersebut dikembangkan dari mock-up yang telah ditampilkan pada rapat 2 Februari 2018 yang dihadiri oleh Menkominfo Rudiantara dan Menhub Budi Karya Sumadi.

Cara Kemenhub Tingkatkan Kualitas SDM Inaportnet di Pelabuhan

Selain itu, dalam pembahasan tersebut juga dihadiri dirjen Aplikasi Informatika Kominfo, dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, serta beberapa dinas perhubungan provinsi dan tiga penyedia layanan ride sharing, yakni Uber, Grab, dan Gojek.

Sebagai sebuah aplikasi maka digital dashboard ini selalu dikembangkan dan dimutakhirkan, sehingga masukan-masukan dari kalangan dinas perhubungan, baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota, sangat diperlukan.

Begitu pula dengan data yang harus ditampilkan di dalam digital dashboard. Data atau informasi apa saja yang benar-benar dibutuhkan untuk mendukung pengambilan keputusan dan pengendalian oleh dinas perhubungan.

"Kami berharap masukan dari pihak dinas perhubungan untuk pengembangan digital dashboard secara terus-menerus. Berkenaan dengan data agar dicermati data apa saja yang dibutuhkan. Untuk kali ini kami pertimbangkan tidak menampilkan data nomor telepon pengemudi karena sangat melindungi data pribadi para pengemudi,” paparnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya