'Ilmuwan' Bumi Datar Nyalon Gubernur, Apa Jadinya

Mike Hughes berpose dengan roket Bumi Datarnya
Sumber :
  • Facebook/Mad Mike Hughes

VIVA – Sosok 'ilmuwan' Bumi datar, Mike Hughes ternyata memang unik. Mendunia berkat ambisinya meruntuhkan teori Bumi bulat dengan meluncurkan roket buatannya sendiri tak cukup baginya.

Teori Bumi Datar Tidak Benar, 5 Hal Nyata Buktikan Bumi Bulat

Hughes juga ingin menjajal terjun ke politik dengan mencalonkan diri sebagai gubernur California pada tahun ini. 

Demi memuluskan pencalonannya, Hughes sudah mengajukan dokumen pencalonannya ke pejabat tinggi California, Alex Padilla. 

Begini Nasib Kaum Bumi Datar Sekarang

Dalam visinya, dia menilai pemerintahan California saat ini tidak becus mengelola pemerintahan. Hughes merasa, dia memang layak sebagai pemimpin California. 

"Mereka membutuhkan seseorang seperti saya untuk mengubah semuanya ini. Apa yang kami miliki dari pemerintah de facto ini adalah perusahaan yang bangkrut," katanya dikutip dari Daily Press, Rabu 14 Februari 2018. 

5 Fakta yang Membungkam Mulut Besar Kaum Bumi Datar

Pemerintah negara bagian California, menurutnya, memang tidak membutuhkan sosok orang seperti dirinya.

"Mereka tak ingin orang seperti saya yang antusias dan berpengetahuan luas. Yang dibutuhkan adalah 10 persen orang seperti saya dan Anda tak bisa menghentikan saya," tegasnya. 

Usia senja tak menyurutkan ambisinya untuk menjadi gubernur. Hughes ingin berkontribusi bagi California di sisa umurnya. 

"Saya besok akan berusia 62 tahun. Itu lah yang ingin saya capai dan saya adalah warga lanjut usia. Saya hanya berusaha melakukan sebanyak yang saya bisa dan saya hanya seorang pria saja," katanya.

Roket pendukung bumi datar Mike Hughes gagal meluncur

Ambisi Hughes untuk meruntuhkan teori Bumi bulat tak kesampaian. Misinya meluncur bersama roket buatannya sendiri, pada Sabtu 3 Februari 2018, di area gurun di Route 66, Amboy, California, Amerika Serikat, berakhir gagal. 

Roket mengalami kesalahan teknis yang membuatnya tidak bisa meluncur sesuai rencana. Menurut rencana, dalam peluncuran roket itu, Hughes ikut serta dalam roket, dan nantinya begitu roket mencapai ketinggian 550 meter di atas padang pasir di California itu, dia akan mengambil foto Bumi dari ketinggian tersebut. Selanjutnya dia kemudian melepaskan diri dari roket dengan parasut.

Hughes tercatat bukan pertama kali ini ingin meruntuhkan ide Bumi bulat dengan meluncurkan roket. Pada Januari 2014, Hughes meluncurkan roket buatannya hingga pada ketinggian 418 meter, dari properti privatnya di Winkelman, Arizona, Amerika Serikat.

Namun, kala itu misi itu kurang memuaskan. Sebab, begitu roket mendarat, rusak selama tiga hari.  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya