Potensi Besar, UKM Didorong Bikin Pembukuan Digital

Ilustrasi teknologi digital.
Sumber :
  • marketwatch.com

VIVA – Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, hingga akhir 2017, jumlah pelaku usaha kecil dan menengah telah mencapai 59 juta. Dari angka sebesar itu, 3,79 juta sudah Go Online dan ditargetkan akan ada 8 juta UKM yang menyusul.

Era Teknologi Digital Bikin Mata Enggak Bisa Lepas dari Gadget

Transformasi Go Online ini juga harus didukung oleh sistematika pencatatan keuangan yang baik dalam setiap transaksi bisnis UKM untuk memudahkan proses pengembangan bisnis.

Tak bisa dipungkiri, pemanfaatan teknologi digital dalam sektor ekonomi di Indonesia memberikan potensi besar bagi UKM, terlebih, sektor ini adalah tulang punggung perekonomian nasional.

Inovatif, Teknologi Digital Dorong Produktivitas Sektor Peternakan

Melihat peran UKM yang strategis ini, platform bisnis untuk UKM, Sleekr, melakukan integrasi dengan iSeller. Integrasi ini merupakan bentuk solusi pencatatan keuangan secara otomatis langsung dari transaksi harian bisnis UKM.

iSeller merupakan platform bisnis daring berbasis omni-channel, yakni membantu para UKM yang selama ini berjualan offline untuk pindah ke online. Integrasi ini dilakukan karena adanya permintaan dari konsumen Sleekr yang membutuhkan software untuk Point of Sales (PoS).

Sandiaga Uno: 46 Juta Lapangan Kerja Baru Akan Muncul Akibat Teknologi

CEO Sleekr, Suwandi Soh mengatakan, kerja sama juga bagian dari integrasi Application Programming Interface (API), sehingga pengguna bisa memperoleh solusi terpadu antara transaksi penjualan dan pembukuan bisnis langsung melalui kedua platform ini.

"Kami berkomitmen membantu para business owner memiliki data valid dan akurat serta efisiensi waktu. Cukup satu kali klik, pengguna akan langsung terhubung dengan sistem pembukuan digital mereka," kata Soh, dalam keterangannya, Rabu, 21 Februari 2018.

Pada kesempatan yang sama, CEO iSeller, Jimmy Petrus menambahkan, kolaborasi sangat dibutuhkan pelaku bisnis di era digital saat ini. Karena itu, integrasi ini diharapkan dapat membantu para pelaku UKM mendongkrak pertumbuhan bisnisnya.

"Kami yakin integrasi ini dapat mengeliminasi proses pencatatan manual yang rentan kesalahan, sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan membantu perusahaan melakukan modernisasi, termasuk memajukan bisnisnya dengan lebih cepat," tutur Jimmy.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya