Penyebab Umum Gagalnya Registrasi Prabayar

Sosialisasi registrasi prabayar.
Sumber :
  • Dokumen Kominfo

VIVA – Waktu registrasi kartu SIM prabayar tinggal enam hari lagi. Kementerian Komunikasi dan Informatika mengimbau masyarakat pengguna seluler untuk segera memanfaatkan waktu registrasi prabayar yang berakhir pada 28 Februari 2018. 

Metode Registrasi Prabayar dengan Face Recognition Masih Abu-abu

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika (Dirjen PPI) dari Kominfo, Ahmad M. Ramli meminta, pengguna yang akan registrasi memastikan data KK dan KTP mereka valid. Sebab selama ini kegagalan registrasi prabayar umumnya lantaran masalah kesahihan data kependudukan. 

"Penyebab umum gagal adalah sinkronisasi NIK dan nomor KK yang berubah karena mutasi, pindah alamat dan lainnya. Silakan perbaiki data kependudukan atau datang langsung ke gerai operator," ujar Ramli kepada VIVA, Kamis 22 Februari 2018. 

Registrasi Prabayar Pakai Data Biometrik, Beban Trafik Ada di Dukcapil

Memang NIK bersifat tetap, namun nomor KK berpotensi berubah apabila ada perubahan data anggota keluarga.

Dalam sosialisasinya, Kominfo memberikan tahapan dan langkah apa yang harus dilakukan pengguna kartu prabayar. Jika memang tidak NIK dan KK ternyata tidak sesuai dengan database kependudukan Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri, maka pengguna diarahkan untuk menghubungi Call Canter Dukcapil.  

BRTI: Dukcapil Kemendagri Kewalahan Layani Registrasi Prabayar

 

Ramli mengatakan, per 22 Februari 2018 siang hari,  jumlah pelanggan yang registrasi sudah mencapai 256 juta pelanggan. 

Program registrasi kartu prabayar yang sudah dimulai sejak 31 Oktober 2017 ini akan berakhir pada 28 Februari 2018. Terkait hal ini sisa waktu yang tinggal beberapa hari ini sebaiknya digunakan masyarakat untuk melakukan registrasi karena jika sampai batas akhir pelanggan tidak melakukan registrasi, akan dikenakan pemblokiran layanan telekomunikasi secara bertahap dan akan diblokir total pada 28 April 2018. 

Namun selama masa pemblokiran tersebut, masyarakat masih tetap dapat melakukan registrasi melalui SMS, website, dan datang langsung ke gerai operator. Layanan khusus SMS registrasi ke 4444 terus dapat digunakan oleh masyarakat yang ingin melakukan registrasi.

Untuk pelanggan baru, format registrasi melalui SMS ke nomor 4444 bisa dilakukan sebagai berikut:

Operator    Cara Registrasi
Indosat    NIK#NomorKK#
Smartfren    NIK#NomorKK#
Tri    NIK#NomorKK#
XL    DaftarNIK#NomorKK#
Telkomsel    RegNIK#NomorKK#

Sementara itu, format registrasi ulang nomor lama via SMS ke 4444 terdiri atas:

Operator    Cara Registrasi
Indosat    ULANG#NIK#NomorKK#
Smartfren    ULANG#NIK#NomorKK#
Tri    ULANG#NIK#NomorKK#
XL    ULANG#NIK#NomorKK#
Telkomsel    ULANG#NIK#NomorKK#
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya