Menguak 'Daleman' Situs yang Umbar NIK dan KK Gratis

Situs mengumbar data NIK dan KK.
Sumber :
  • Tangkapan layar ktp.bonanza.co.id

VIVA – Kabar penyalahgunaan data NIK dan KK sedang menjadi perhatian publik. Kabar ini membetot perhatian Kementerian Komunikasi dan Informatika lantaran muncul keluhan pengguna kartu SIM prabayar yang berkali-kali gagal registrasi. 

Metode Registrasi Prabayar dengan Face Recognition Masih Abu-abu

Usut punya usut, pelanggan tersebut menemukan, NIK dan KK miliknya telah dipakai orang lain untuk mendatarkan ke banyak nomor kartu prabayar.

Beriringan dengan kasus keluhan pelanggan tersebut, beredar beberapa alamat situs web yang menawarkan data KK dan NIK secara gratis yaitu ktp.us.to, ktp.oneindonesia.co.id, ktp.bonanza.co.id dan ktp.yamaha-matic.or.id.

Registrasi Prabayar Pakai Data Biometrik, Beban Trafik Ada di Dukcapil

Dalam pelacakan di situs Whois.com, Selasa 6 Maret 2018, beberapa alamat situs web tersebut merujuk pada alamat domain beberapa entitas. Berikut hasil penelusuran alamat situs web tersebut: 

1. ktp.bonanza.co.id 

BRTI: Dukcapil Kemendagri Kewalahan Layani Registrasi Prabayar

Dalam pelacakan situs web ini merujuk pada nama domain bonanza.co.id. Data Whois menunjukkan domain ini dibuat pada 27 Februari 2014 dengan registran bernama Ang Kurniawan. 

Domain ini dalam pelacakan di Whois.com merujuk pada domain dengan registran bernama PT Bonanza Resources yang bergerak di bidang trading

2. ktp.oneindonesia.co.id

Pelacakan situs web ini merujuk pada nama domain oneindonesia.co.id. Domain tersebut dibuat pada 26 September 2011 dengan nama registran Subarman Basarah dengan alamat registran di Jalan Lebak Bulus Raya No 11 Jakarta

 

3. ktp.yamaha-matic.or.id

Pelacakan situs web ini merujuk pada nama domain Yamaha-matic.or.id. Domain ini dibuat pada 22 Desember 2005 dengan registran bernama Sadhu Pramana. Organisasi registran domain itu adalah Northstar Pacific Capital yang beralamat di Permata Depok, Jawa Barat


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya