Situs Pengumbar NIK dan KK Gratis Doyan Ganti Domain

Situs mengumbar data NIK dan KK.
Sumber :
  • Tangkapan layar ktp.bonanza.co.id

VIVA – Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika, Noor Iza, mengklaim bahwa situs-situs yang mengumbar NIK dan KK gratis sudah ada jauh sebelum kebijakan registrasi ulang kartu prabayar dijalankan pemerintah.

Registrasi Prabayar Pakai Data Biometrik, Beban Trafik Ada di Dukcapil

"Meski sudah dilakukan pemblokiran, mereka muncul lagi dengan domain yang berbeda. Jadi, bukan karena ada program registrasi ini. Kita pasti akan blokir secepatnya," kata Noor Iza kepada VIVA, Selasa, 6 Maret 2018.

Kabar penyalahgunaan data NIK dan KK sedang menjadi perhatian publik. Kabar ini membetot perhatian Kementerian Komunikasi dan Informatika lantaran muncul keluhan pengguna kartu SIM prabayar yang berkali-kali gagal registrasi.

BRTI: Dukcapil Kemendagri Kewalahan Layani Registrasi Prabayar

Usut punya usut, pelanggan tersebut menemukan, NIK dan KK miliknya telah dipakai orang lain untuk mendatarkan ke banyak nomor kartu prabayar.

Beriringan dengan kasus keluhan pelanggan tersebut, beredar beberapa alamat situs web yang menawarkan data KK dan NIK secara gratis yang merujuk pada alamat domain beberapa entitas seperti ktp.us.to, ktp.oneindonesia.co.id, ktp.bonanza.co.id dan ktp.yamaha-matic.or.id.

Pengamat Nilai Registrasi Prabayar Pakai Face Recognition Berlebihan
Ilustrasi face recognition atau pemindaian wajah.

Metode Registrasi Prabayar dengan Face Recognition Masih Abu-abu

Ditjen Dukcapil Kemendagri dan BRTI sudah bertemu. Belum sepakat.

img_title
VIVA.co.id
31 Januari 2020