Pemerintah Akhirnya Sedia Akses Internet Cepat di Natuna

Kota Unik Diatas Laut Natuna
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA – Proyek Palapa Ring Barat akhirnya rampung dikerjakan. Proyek ini akan menjangkau 940 ribu warga lima kabupaten di Provinsi Riau dan Kepulauan Riau.

Jaksa Ungkap Chat Terdakwa Korupsi BTS Singgung Setoran Rp 40 Miliar ke Oknum BPK

Kelimanya adalah Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Kepulauan Meranti, Kabupaten Natuna, Kabupaten Lingga, dan Kabupaten Kepulauan Anambas.

Direktur Utama Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika, Anang Latif mengatakan, pembangunan proyek Palapa Ring Barat ini untuk menjangkau masyarakat akan ketersediaan internet, dan sesuai perintah Presiden Joko Widodo terkait program membangun dari luar.

Cara PTT Pastikan SDM Kawasan Timur Indonesia Siap Hadapi Kemajuan Industri Telko

Jangakuan Palapa Ring Barat.

"Ini sengaja kita lakukan kunjungan ke Pulau Natuna. Karena, Natuna merupakan pulau terluar dan sempat menjadi sengketa di Laut China Selatan. Ini membuktikan bahwa Natuna adalah milik Indonesia," kata Anang, di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, Selasa 6 Maret 2018.

Tol Langit Satria-1 akan Lengkapi Kinerja Palapa Ring

Dengan adanya internet, Anang optimistis akan mendorong ekonomi digital untuk masyarakat di lima kabupaten. Ia lalu mencontohkan nelayan yang bisa menjual hasil tangkapan tidak hanya ke tetangga atau antarkabupaten saja.

Tidak hanya nelayan, hasil kerajinan masyarakat di lima kabupaten juga diharapkan bisa dipasarkan melalui internet seperti yang selama ini dilakukan di kota-kota besar.

Palapa Ring Barat.

Dengan rampungnya proyek Palapa Ring Barat, Anang berharap operator telekomunikasi untuk hadir. Sebab, menurut dia, yang menghambat kehadiran para operator ini karena ketiadaan infrastruktur.

"Ini ibaratnya jalan tol sudah disiapkan. Karena pakai satelit biaya mahal. Kapasitas kecil hampir mustahil karena jaringan 4G tidak bisa. Kami akan dorong tidak hanya satu operator," ujarnya.

Proyek ini dibangun oleh PT Palapa Ring Barat pada September 2016 dengan nilai investasi Rp3,48 triliun dengan masa konsesi 15 tahun. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya