Logo BBC

Direktur Huawei Tahu Sebab Ponsel Mereka Dilarang di AS

Richard Yu
Richard Yu
Sumber :
  • bbc

Amerika Serikat telah menyusun rancangan undang-undang untuk melarang semua produk telepon genggam buatan Huawei dan ZTE masuk ke pasar negara tersebut.

Para pejabat di Amerika mengatakan `kedekatan Huawei dan ZTE dengan pemerintah Cina` membuka peluang adanya `pemantauan terhadap aktivitas warga Amerika melalui peranti atau layanan dari Huawei atau ZTE, yang berujung dengan risiko ancaman terhadap keamanan nasional`.

Bagi para pejabat di Washington menggunakan ponsel Huawei `sama dengan membuka pintu bagi Cina untuk mematai-mata warga Amerika`.

Namun, Direktur Utama Huawei, Richard Yu, dalam wawancara dengan BBC menganggap bukan itu yang menjadi alasan utama mengapa Amerika melarang produk dan layanan telekomunikasi mereka.

"Para politisi di Amerika tidak ingin kami masuk ke sana karena kami terlalu kompetitif. Teknologi kami sangat maju dan kami sangat inovatif. Ini semua membuat Amerika khawatir," kata Yu.

"Kami terlalu kuat bagi perusahaan-perusahaan teknologi Amerika," kata Yu.

Yu juga menepis anggapan bahwa perusahaannya dekat dengan pemerintah di Beijing: "Itulah yang didengung-dengungkan oleh para politisi Amerika. Tapi kami adalah perusahaan independen."