Diam-diam Facebook Rilis Aplikasi WiFi Cepat untuk Indonesia

Logo aplikasi media sosial Facebook.
Sumber :
  • REUTERS/Thomas White

VIVA – Facebook diam-diam merilis aplikasi WiFi, untuk memudahkan pengguna merasakan akses internet nirkabel yang cepat. Aplikasi tersebut tersedia dengan nama Express Wi-Fi, dan sudah tersedia di pusat aplikasi Play Store. 

Laptop yang Bisa Menangkap Sinyal WiFi Ratusan Meter Dijual di Indonesia

Dalam aplikasi WiFi ini, pengguna akan membeli paket data internet nirkabel dan mereka bisa menemukan hotspot terdekat dengan mudah. Kabar aplikasi Express Wi-Fi ini pertama kali diungkapkan oleh laman TechCrunch

Dikutip dari The Verge, Minggu 18 Maret 2018, Sebelumnya, untuk menggunakan aplikasi WiFi Facebook itu, pengguna harus mengaksesnya lewat browser web atau mengunduh aplikasi dari operator seluler lokal yang akan meminta pengguna untuk mengonfigurasi ulang pengaturan ponsel mereka. 

Pemkot Depok Sediakan 878 Titik Wifi Gratis Tanpa Password, Cek Posisinya

Aplikasi Express Wi-Fi Facebook itu hanya tersedia di Indonesia dan Kenya. Untuk di Indonesia, aplikasi WiFi itu tersedia berkat kerja sama Facebook dengan D-Net. Sedangkan di Kenya, bekerja sama dengan Surf.

Sedangkan dalam versi layanan lokal, Express Wi-Fi sudah tersedia di lima negara, yaitu India, Kenya, Tanzania, Nigeria, dan Indonesia. 

Gibran Rakabuming Buka Akses Wifi Gratis di Eks Rumah Dinas Jokowi

Dalam keterangannya, Facebook menjelaskan hadirnya aplikasi WiFi itu merupakan upaya perusahaan untuk mudah mendapatkan akses WiFi yang kencang. 

"Facebook merilis aplikasi Express Wi-Fi di Google Play, agar pengguna mendapatkan cara sederhana dan aman untuk mengakses internet terjangkau dan cepat melalui hotspot Express Wi-Fi lokal," jelas Facebook dalam keterangannya kepada The Verge

Express Wi-Fi merupakan upaya lain Facebook untuk menyediakan akses ke area yang belum terlayani internet di negara berkembang. Upaya lain Facebook untuk meratakan akses internet di antaranya adalah proyek Free Basics beberapa tahun lalu. Namun, program Free Basics yang familiar dengan internet gratis Facebook itu, belakangan mendapat perlawanan dari beberapa operator.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya