Skandal Data, Mitra Facebook di Indonesia Bisa Dipidana

Facebook.
Sumber :
  • REUTERS/Dado Ruvic

VIVA – Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan skandal bocornya data pengguna Facebook bisa melahirkan hukuman bagi media sosial raksasa tersebut di Indonesia. 

Facebook dan Instagram Down, Pengguna Ramai-ramai Ngeluh di X: Sudah Beberapa Jam Tumbang Semua!

Jika memang ditemukan ada data pengguna Facebook Indonesia yang menjadi bagian dari 50 juta pengguna yang bocor, maka Facebook maupun mitranya bakal kena hukuman. 

"Jika nanti ditemukenali mitra Facebook (yang memanfaatkan data pengguna Facebook seperti Cambridge Analytica) menyalahi perjanjian dengan Facebook, bisa juga menjadi yang ikut dikenakan sanksi pidana," jelas Rudiantara kepada VIVA, Selasa 27 Maret 2018.

Facebook dan Instagram Down! Pengguna Ngeluh di X dan Jadi Trending Topic

Menteri yang akrab disapa Chief RA itu mengatakan, secara langsung dia sudah menelepon Facebook Indonesia untuk menindaklanjuti skandal bocornya data di platform tersebut. 

Dalam komunikasi itu, Rudiantara meminta Facebook Indonesia untuk mengecek apakah data pengguna Facebook di Indonesia menjadi bagian dari skandal antara Cambridge Analytica dan media sosial tersebut. 

Instagram dan Facebook Down di Seluruh Dunia, Apa Kata Meta?

"Kedua, saya menegaskan bahwa Facebook berkewajiban untuk melindungi data pengguna Facebook di Indonesia sesuai Peraturan Menkominfo akhir 2016," jelasnya. 

Polres Depok tangkap pelaku kriminal

Puluhan Pelaku Kejahatan Diciduk Polres Depok, 2 di Antaranya Tega Bacok Korban

Komplotan pelaku kejahatan berhasil diamankan jajaran Polres Metro Depok. Ada 24 orang yang diamankan dari berbagai kasus seperti pencurian rumah kosong hingga curanmor.

img_title
VIVA.co.id
24 Maret 2024