Logo ABC

Mahasiswa Ciptakan Kaus Kaki Pintar untuk Fisioterapi

Konsultasi video kaus kaki pintar
Konsultasi video kaus kaki pintar
Sumber :
  • abc

Teknologi "kaus kaki pintar" baru yang bisa dipakai dapat membantu ahli fisioterapi mengobati pasien di wilayah regional dan pasien jarak jauh karena kaos kaki itu bisa mengirimkan data dari jarak jauh.

Di dalam kaos kaki tersebut ada panel sensor gerakan dan tekanan, yang dapat memberikan informasi langsung atau real-time tentang bagaimana pasien melakukan gerakan selama menjalani latihan fisioterapi seperti melakukan gerakan squat ataupun lompatan.

Penciptanya, kandidat PhD dari University of Melbourne, Deepti Aggarwal, mengatakan ia mengembangkan kaus kaki pintar ini sebagai cara membantu pasien yang kesulitan bertemu dengan fisioterapis di klinik atau rumah sakit karena jaraknya yang jauh.

External Link: The socks measure movement and pressure

Menurutnya teknologi ini dapat membantu ahli fisioterapis menilai dan mengobati pasien dan dapat memberikan alternatif untuk perawatan tatap muka bagi pasien di kawasan pedesaan atau mereka yang memiliki masalah mobilitas.

"Terutama dalam kasus pasien dengan kondisi jangka panjang seperti menderita sakit kronis, sangat sulit bagi mereka untuk datang melakukan kunjungan tatap muka," kata Deepti Aggarwal.

Deepti Aggarwal dan rekan-rekannya dari Universitas Melbourne sekarang telah menguji coba teknologi ini pada tiga pasien yang menderita sakit kronis di Royal Children Hospital.