85 Persen BTS Indosat Dimodernisasi, Ramadan Bisa 4,5G

Indosat siap menyambut trafik bulan Ramadan
Sumber :
  • VIVA/Amal Nur Ngazis

VIVA – Indosat Ooredoo sudah siap menghadapi lonjakan trafik selama bulan Ramadan dan Lebaran 2018. Perusahaan telekomunikasi ini telah ‘pemanasan’ dengan menyiagakan jaringan mereka untuk mendukung telekomunikasi selama bulan puasa dan libur Idul Fitri tersebut. 

Jadwal Imsakiyah, Waktu Sholat dan Buka Puasa di Seluruh Indonesia Jumat, 29 Maret 2024

Group Head Network Strategy Architecture and Solutions Indosat Ooredoo, Kusnanto mengatakan, untuk menyambut trafik tinggi pada bulan suci umat Islam itu, perusahaan siap meningkatkan kapasitas jaringan. 

"Peningkatan kapasitas hardware sudah full. Sekarang sudah 50 persen, dan itu pun sebenarnya sudah cukup (untuk hadapi musim lebaran). Tapi Lebaran nanti kita naikkan 20 persen lagi bisa," jelas Kusnanto dalam media breifing Indosat Ooredoo di Lampung, Rabu 18 April 2018. 

Tebar Berkah Ramadan 1445 H, Mandiri Group Santuni 57.000 Anak Yatim dan Duafa

Menurutnya, penyesuaian kapasitas jaringan menghadapi Ramadan tidaklah terlalu sulit dan butuh waktu lama. Sebab nantinya penyesuaian kapasitas jaringan cukup dengan mengaktifkan software saja. 

"Jadi tinggal mengaktifkan lisensinya (software)," tuturnya.

Safari Ramadan di Jateng dan Sulsel, BRI Gelar Pasar Murah 2.000 Paket Sembako

Indosat memastikan jaringan yang akan menjadi jalur mudik sudah terjangkau dengan jaringan 4G. Semua kota besar dan transit di Pulau Jawa dan kota besar di luar Pulau Jawa sudah siap dengan jaringan 4G. 

Setelah modernisasi, jaringan Indosat Ooredoo bakal menjadi lebih handal. Sebelum modernisasi jaringan, satu BTS terdiri dari banyak antena sehingga tiap kali ada perubahan teknologi maka perlu memasang antena baru. 

Paska modernisasi jaringan, tiap BTS dipasangi satu antena yang siap menyesuaikan dengan perubahan teknologi, termasuk 5G. 

Selain itu, komponen radio pada BTS setelah modernisasi ditaruh di atas. Tujuannya membuat jangkauan telekomunikasi menjadi lebih kencang. 

Indosat mengatakan, mereka telah memodernisasi lebih dari 85 persen dari total BTS yang ada. BTS Indosat sudah siap untuk menghadirkan layanan 4,5G.

Paket khusus Ramadan

Sebagai pelengkap pemanasan menyambut bulan Ramadan, IM3 Ooredoo meluncurkan Paket Unlimited terbaru yang semakin melengkapi Paket Bulanan Unlimited. 

Paket Unlimited terbaru hadir dengan masa aktif 3 hari dan 7 hari. Dengan dipersingkatnya masa berlaku Paket Unlimited, IM3 Ooredoo memberikan kemudahan kepada pelanggan untuk menikmati internetan tanpa batas sepuasnya. 

Paket Unlimited dengan masa berlaku 3 hari dan 7 hari ini bisa didapatkan dengan harga menarik, mulai dari Rp5.000 dan Rp12.000.

Paket tambahan dengan masa berlaku yang lebih singkat dapat dinikmati mulai dari tanggal 20 April 2018. Para pelanggan dapat menggunakan Unlimited YouTube, chatting, media sosial bahkan saat kehabisan kuota utama. 

Sebagai tambahan, kecepatan jaringan tidak akan terpengaruh saat kuota utama habis. Akses gratis untuk YouTube dapat digunakan secara otomatis tanpa registrasi. Pelanggan hanya perlu membayar satu kali, tanpa harus membayar lebih. Paket khusus Ramadan ini akan hadir ke masyarakat pada 20 April 2018. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya