Logo ABC

Facebook Ganti Aturan Layanan untuk Pengguna Australia

Permintaan maaf Facebook
Permintaan maaf Facebook
Sumber :
  • abc

Facebook akan memindahkan lebih dari 1,5 miliar pengguna dari jangkauan undang-undang privasi Uni Eropa yang baru, yang akan memungkinkan regulator mendenda perusahaan untuk pelanggaran data.
Hampir 1,9 miliar pengguna di seluruh dunia - di luar Amerika Serikat dan Kanada - saat ini diatur oleh persyaratan layanan yang disepakati dengan kantor pusat internasional perusahaan di Irlandia.

Bulan depan, Facebook berencana untuk membuat pengaturan itu hanya untuk pengguna Eropa, yang berarti 1,5 miliar anggota di Afrika, Asia, Australia dan Amerika Latin tidak akan jatuh di bawah Peraturan Perlindungan Data Umum Uni Eropa (GDPR), yang mulai berlaku 25 Mei.

Langkah yang sebelumnya tidak dilaporkan, yang dikonfirmasi oleh Facebook kepada Reuters, menunjukkan jaringan sosial online terbesar di dunia itu sangat ingin mengurangi pemaparan terhadap GDPR, yang memungkinkan regulator Eropa untuk mendenda perusahaan karena mengumpulkan atau menggunakan data pribadi tanpa persetujuan pengguna.

Itu menghilangkan kewajiban potensial yang sangat besar untuk Facebook, karena undang-undang Uni Eropa yang baru memungkinkan untuk denda hingga 4 persen dari pendapatan tahunan global untuk pelanggaran, yang untuk Facebook bisa berarti miliaran dolar.

Perubahan itu terjadi karena Facebook sedang diselidiki oleh regulator dan pembuat undang-undang di seluruh dunia sejak mengungkapkan bulan lalu bahwa informasi pribadi jutaan pengguna secara salah berakhir di tangan konsultan politik Cambridge Analytica, yang memicu kekhawatiran yang lebih luas tentang bagaimana mereka menangani data pengguna.

Perubahan ini memengaruhi lebih dari 70 persen dari 2 miliar lebih anggota Facebook.

Pada Desember, Facebook memiliki 239 juta pengguna di Amerika Serikat dan Kanada, 370 juta di Eropa dan 1,52 miliar pengguna di kawasan lain.