Logo BBC

3 Hal Racun Kalajengking dengan 'Potensi Luar Biasa'

Kalajengking menghasilkan racun dengan harga tinggi. - BBC
Kalajengking menghasilkan racun dengan harga tinggi. - BBC
Sumber :
  • bbc

Racun kalajengking yang banyak dibicarakan setelah disinggung Presiden Joko Widodo dalam pidatonya, memiliki `potensi luar biasa` dalam dunia kedokteran, menurut peneliti serangga.

Presiden Joko Widodo, Senin (30/04) lalu, menyebut zat dengan nilai tertinggi adalah racun kalajengking yang harganya dapat mencapai sekitar Rp145 miliar per liter, pernyataan yang banyak ditanggapi para politisi.

Terlepas dari berbagai komentar itu, secara ilmiah, kandungan racun yang dihasilkan kalajengking memiliki "potensi luar biasa" untuk menghasilkan obat dalam dunia kedokteran, menurut seorang peneliti serangga dari Institut Teknologi Bandung, Ramadhani Eka Putra.

Rama juga mengatakan saat ini racun kalajengking digunakan sebagai terapi kanker karena molekulnya yang kecil dan dapat mencapai bagian tubuh yang sulit dijangkau, seperti otak.

Inilah tiga hal terkait racun kalajengking yang perlu Anda ketahui.

Mengapa mahal?

"Jumlahnya sangat sedikit dan satu kalajengking memiliki karakter racun yang berbeda, dihasilkan untuk membunuh atau karena ketakutan. Sulit sekali membuat racun yang sangat spesifik," kata Rama.