Logo ABC

Jejak DNA, Petani Pertama Asia Tenggara Migrasi dari China

Meski manusia modern telah hidup di Asia Tenggara selama 70.000 tahun, yang pertama mempraktekkan pertanian bermigrasi dari China.
  • abc

Potongan-potongan DNA yang berusia ribuan tahun telah memberi para arkeolog bukti yang mereka butuhkan untuk menunjukkan para petani pertama di Asia Tenggara adalah para migran dari Cina selatan.

Para peneliti mengambil DNA dari tulang purba yang ditemukan di Vietnam modern, Kamboja, Thailand, dan Myanmar untuk memperkirakan kapan gen baru mulai mengalir ke populasi pemburu-pengumpul Pribumi pada saat itu.

Mereka menemukan masuknya gen dari China Selatan bertepatan dengan munculnya pertanian di Asia Tenggara sekitar 4.100 hingga 4.500 tahun yang lalu, di samping tembikar dan peralatan yang dibuat dengan gaya China selatan.

Sebuah denyut gen kedua mengalir dari China ke Asia Tenggara beberapa ribu tahun kemudian.

Analisis genetik menguatkan dan memperluas bukti linguistik dan arkeologi dari penyebaran manusia di wilayah tersebut, kata Marc Oxenham, seorang ahli bioarkeologi di Australian National University dan anggota penulis studi tersebut, yang diterbitkan dalam jurnal Science hari ini.

"Kami telah menemukan bukti dari gerakan genetika dan campuran," katanya.

"Apakah itu menyatukan kehidupan orang-orang kuno melalui tembikar mereka ... atau menjelajahi silsilah mereka lebih dalam dengan cara DNA kuno, [masing-masing] menyediakan serangkaian benang independen yang membentuk tenunan yang lebih besar dari bagaimana rasanya menjadi Asia Tenggara kuno."