Google Error, Politikus AS Disebut Fanatik

Mesin pencari Google.
Sumber :
  • REUTERS/Regis Duvignau

VIVA – Ada hal aneh saat mencari nama politikus Amerika Serikat asal Partai Republik, Trudy Wade di mesin pencarian Google. Walaupun tidak ada yang mengejutkan di bagian profil dirinya, namun di bagian bawah fotonya terdapat tulisan 'BIGOT'.

Cara Menikmati Ramadhan Bersama Google

Foto tersebut berasal dari unggahan seorang blogger bernama Matt Comer pada Februari 2012 lalu. Saat itu, ia tidak senang dengan Wade yang merupakan anggota Dewan Greensboro, yakni pendukung amandemen konstitusi larangan pernikahan sesama jenis.

"Biar saya jelaskan sejelas mungkin: Mrs. Wade, Anda seorang bigot (fanatik)," tulis Comer saat itu, seperti dilansir situs CNET, Minggu 3 Juni 2018. 

Fitur Dark Mode Google Search Siap Rilis, Ini Cara Aktifkannya

Ini adalah kesekian kalinya mesin pencari Google melakukan kesalahan dalam menampilkan informasi. Sebelumnya, Google memberi tahu bahwa ideologi dari Partai Republik California adalah Nazi.

Ilustrasi/Mesin pencari Google

Ada Fitur Dark Mode di Google Search

Google dituduh memberikan informasi yang bias atas politik saat ini. Namun mereka membantah keras tuduhan tersebut. 

"Hasil pencarian kami tentang partai politik tidak bias. Terkadang, orang-orang melakukan vandalisme pada informasi publik, seperti Wikipedia, yang akan muncul pada pencarian," ujar pihak Google.

Saat ini, foto bermasalah tersebut sudah tidak terlihat lagi dari hasil pencarian Trudy Wade. Pihak Google telah menghapusnya sejak Jumat siang lalu. 

Google menambahkan, pengguna bisa melakukan perubahan foto utama mereka pada Knowledge Panels dengan melakukan verifikasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya