Logo ABC

Apple Ingin Anda Kurangi Waktu dengan Ponsel

Seorang balita melihat layar telepon.
Seorang balita melihat layar telepon.
Sumber :
  • abc

Apple meluncurkan alat baru untuk membantu orang mengendalikan penggunaan ponsel cerdas mereka, setelah menghadapi tuduhan bahwa teknologinya "menyebabkan kecanduan (adiktif)".

Alat yang disebut Screen Time akan membuat laporan aktivitas harian dan mingguan, raksasa teknologi ini mengumumkan pada hari Senin di Konferensi Pengembang Seluruh Dunia di San Jose, Amerika Serikat.

Laporan akan memerinci berapa lama Anda menghabiskan dalam suatu aplikasi, berapa banyak pemberitahuan yang Anda terima dan seberapa sering Anda memegang perangkat Anda. Pengguna juga dapat mengatur batas waktu pada aplikasi tertentu.

Orang tua akan mendapatkan lebih banyak informasi dan pengawasan, termasuk kemampuan untuk melihat laporan aktivitas anak mereka dari perangkat mereka sendiri dan kekuasaan untuk menjadwalkan waktu (sekitar waktu tidur, misalnya) agar aplikasi tertentu tidak dapat digunakan.

Perubahan ini akan diluncurkan sebagai bagian dari sistem operasi baru Apple, iOS 12.

Dalam menghadapi "detox digital" dan kecemasan tentang bagaimana kita menggunakan perangkat, Silicon Valley tampak bersemangat untuk menunjukkan itu diperbarui.

Google mengumumkan perubahan serupa pada perangkat lunaknya pada bulan Mei, termasuk dasbor yang menampilkan aplikasi tempat pengguna menghabiskan waktu paling banyak dan pengingat istirahat untuk YouTube.