Lebah Mempelajari Pola Wewangian untuk Hinggap di Bunga

Lebah dan madu.
Sumber :
  • Pixabay/PollyDot

VIVA – Dari sebuah penelitian diketahui bahwa hewan lebah mengincar bunga yang diidentifikasi pola aromanya dari kelopak bunga tersebut. Pola inilah yang menyebabkan hewan itu mampu membedakan bunga yang ada.

UI Terima 2.105 Calon Mahasiswa Baru Melalui Jalur SNBP 2024

Tim peneliti dari Universitas Queen Mary dan Universitas Bristol meneliti bagaimana pengaturan sel pada kelopak bunga akan membuat pola yang dikenali dan dipelajari oleh para lebah.

"Jika Anda melihat bunga pada mikroskop, Anda akan sering melihat sel menghasilkan aroma bunga dalam pola. Dengan membuat bunga buatan yang memiliki aroma identik dengan pola yang berbeda, kami berhasil menunjukkan ini mungkin sinyal bagi para lebah," ujar peneliti dari Fakultas Ilmu Biologi Universitas Bristol, Dave Lawson, dikutip dari laman The Independent, Kamis, 14 Juni 2018.

Prabowo Ingin Segera Bangun Pabrik Ponsel di RI demi Jaga Kedaulatan Teknologi

Lebah yang hinggap di pinggiran bunga menemukan bahwa ujung kelopak mungkin memiliki bau yang berbeda dari bagian tengah bunga dan juga memiliki garis sel dengan wewangian yang menuntun lebah ke arah sari bunga.

Para peneliti juga mengungkapkan, setelah mempelajari pola suatu bunga, lebah kemudian memilih bunga yang tidak memiliki wangi namun dengan pola visual yang sama. Ini mengidentifikasikan bahwa mereka menggunakan pengetahuannya soal wewangian lewat membaca bunga lainnya.

Serangga Ini Kuasai AS, Padahal Sempat Terancam Punah

Kemampuan untuk memindahkan indera sama seperti manusia saat menaruh tangan ke dalam tas untuk merasakan bentuk sebuah benda dan mereka mampu membayangkan gambaran tas itu.

"Mampu secara mental mengubah antara indera yang berbeda merupakan sesuatu yang dianggap biasa, namun sangat menarik saat hewan kecil seperti lebah juga punya kemampuan sesuatu yang abstrak," ujarnya.

Peneliti lain dari Ilmu Biologi dan Kimia Universitas Queen Mary, Lars Chittka,  menyebutkan bahwa para peneliti tahu lebah merupakan hewan yang pintar. Namun, hewan itu bisa mempelajari pola pada aroma bunga merupakan suatu hal yang mengejutkan.

"Kelenjar aroma pada bunga kami susun dalam lingkaran atau menyilang, dan lebah harus mencari pola dengan menggunakan indera perasa mereka. Tapi temuan menarik adalah jika pola tiba-tiba menghilang, para lebah bisa mengenali gambar sebelumnya secara cepat dari volatil di udara," jelas Chittka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya