Logo ABC

Penulis Australia Desak Royalti Peminjaman Buku Digital

Buku digital
Buku digital
Sumber :
  • abc

Warga Australia sudah menggunakan perangkat seperti ponsel pintar, e-reader (buku digital) dan tablet untuk membaca buku, namun Australia masih belum memiliki hak peminjaman digital, yang berarti para penulis belum dikompensasi dengan cara yang sama untuk salinan digital buku-buku mereka yang disimpan di perpustakaan seperti untuk buku cetak.

Poin Utama Buku:

• Penulis tidak dikompensasi dengan cara yang sama untuk salinan buku digital dengan buku cetak mereka di perpustakaan
• Rata-rata 5% buku yang dipinjam dari perpustakaan umum adalah e-book, 90% yang dipinjam dari universitas adalah buku digital
• Pendapatan penulis menurun drastis dalam beberapa dekade terakhir, dengan penulis saat ini berpenghasilan rata-rata $ 11.000 hingga $ 13.000 (atau setara Rp 110-130 juta) per tahun

Penulis seperti Hazel Edwards ingin hal itu berubah.

Ia adalah seorang penulis anak-anak Australia yang telah menulis sekitar 200 buku sejak pertama kali diterbitkan sekitar 40 tahun yang lalu.

"Saya pikir dalam beberapa tahun terakhir, demi kenyamanan membaca, banyak orang telah pindah ke berbagai perangkat digital mereka, daripada membawa buku cetak," katanya.

"Beberapa orang pada awalnya membeli, tetapi banyak dari kemudian membaca dari perpustakaan dan BorrowBox, serta sejenisnya.”

"Saya pikir itu adalah bidang pendapatan yang sangat signifikan yang dilewatkan oleh para pekerja kreatif."