Logo ABC

Satelit Mini Seukuran Kotak Sepatu Diluncurkan Ke Mars

Ilustrasi dua satelit
Ilustrasi dua satelit
Sumber :
  • abc

Dua satelit mini yang tak lebih besar dari kotak sepatu meluncur ke luar angkasa dalam misi bersejarah ke Mars.

Poin Utama Cubestats Poin kunci:

• CubeSats adalah satelit kecil - unit dasarnya adalah kotak berukuran 10cm x 10cm

• Belum ada CubeSats di luar angkasa hingga saat ini

• Beberapa unit satelit yang disebut MarCO-A dan MarCO-B akan terbang di atas Mars pada saat yang bersamaan dengan pesawat ruang angkasa lain -yang disebut Mars InSight Lander -mendarat

Rencananya adalah berada di tempat yang tepat, pada waktu yang tepat, untuk menyaksikan pendaratan pesawat antariksa NASA di Planet Merah pada tanggal 27 November, sekitar pukul 03.00 WIB.

Pada saat yang sama, satelit Mars Cube One (MarCO) akan melewati 3.500 kilometer langsung di atas pesawat InSight dan memancarkan data kembali ke Bumi.

"Dua pesawat ruang angkasa - MarCO-A dan MarCO-B - akan melakukan tarian formasi yang sangat ketat dengan InSight," kata Brian Clement, yang bekerja pada proyek MarCO NASA di Laboratorium Tenaga Pendorong Jet.

Menjelajah dengan kecepatan sekitar 66.000 km per jam, dua satelit tersebut saat ini hanya berjarak kurang dari 7 juta km dari tujuan mereka.

Tetapi bahkan sebelum mencapai Mars, satelit-satelit kecil tersebut -yang dijuluki Eve dan Wall-E -berfungsi melebihi kapasitas mereka..

Ini adalah pertama kalinya pesawat ruang angkasa kecil ini, yang dikenal sebagai CubeSats, telah melakukan perjalanan sejauh ini ke luar angkasa.