Pesawat Ini Bisa Bawa Roket Peluncur Satelit

Virgin Orbit LauncherOne
Sumber :
  • Mirror

VIVA – Perusahaan penyedia layanan untuk peluncuran satelit kecil, Virgin Orbit, pada hari Minggu lalu baru saja melakukan uji terbang. Mereka melibatkan pesawat keluaran Boeing, 747-400 yang dimodifikasi secara khusus, untuk membawa roket sepanjang 70 kaki di bawah sayapnya.

Detik-detik Roket Space One Meledak di Udara Setelah 5 Detik Diluncurkan

Dilansir dari laman Mirror, Selasa 20 November 2018, pesawat yang diberi nama Cosmic Girl oleh Sir Richard Branson sebagai pemilik perusahaan, itu berfungsi sebagai landasan terbang untuk roket LauncherOne.

Keberhasilan uji coba ini, membuat perusahaan satu langkah lebih maju untuk melakukan peluncuran roket pada tahun depan.

Rusia Diam-diam Buat Senjata Mematikan, AS Dibuat Melongo

Roket LauncherOne memiliki panjang 70 kaki, setara dengan ukuran dua bus London. Roket akan berjalan pada kecepatan 28 ribu kilometer per jam, kira-kira 20 kali kecepatan suara. Pesawat tersebut beratnya sendiri mencapai 25 ribu kilogram, dan mampu untuk membawa satelit di dalamnya.

Virgin Orbit diharapkan bisa membawa berbagai macam satelit, mulai dari penyedia layanan internet hingga pelacak cuaca. Proyek ini diprediksi akan berjalan pada awal 2019.

Peluncuran Satelit Merah Putih 2 Dilindungi Asuransi Jasindo, Simak Rinciannya

Sebagai informasi, Virgin Orbit adalah satu dari ratusan anak perusahaan Virgin Group milik Branson. Pria berusia 68 tahun itu memulai bisnis rekaman dengan label Virgin Records dan maskapai Virgin Atlantic Airways.

Gerhana matahari total dilihat dari luar angkasa

Begini Tampilan Gerhana Matahari Total dari Luar Angkasa

Pada tanggal 8 April 2024 lalu, gerhana matahari total terjadi di berbagai wilayah di Amerika Utara. Fenomena alam ini tak hanya dinikmati di Bumi, namun juga diamati dar

img_title
VIVA.co.id
12 April 2024