Logo BBC

China Hentikan Penelitian Bayi Hasil Rekayasa Genetika

Profesor He mengatakan bahwa ada potensi kehamilan kedua dengan embrio hasil rekayasa genetika. BBC/AFP
Profesor He mengatakan bahwa ada potensi kehamilan kedua dengan embrio hasil rekayasa genetika. BBC/AFP
Sumber :
  • -afp

Cina telah menghentikan penelitian yang dilakukan ilmuwan yang mengklaim telah menciptakan bayi hasil rekayasa genetika pertama di dunia. Pemerintah Cina akan menginvestigasi penelitian tersebut.

Awal pekan ini, He Jiankui memicu gelombang amarah ketika ia mengatakan dalam sebuah konferensi rekayasa genetika bahwa ia telah merekayasa gen sepasang bayi perempuan kembar agar imun terhadap HIV.

Klaim tersebut belum terkonfirmasi, namun jika benar merupakan pelanggaran terhadap peraturan ketat terkait pemanfaatan rekayasa genetika pada manusia.

Pihak universitas tempat Profesor He melakukan penelitiannya menyatakan bahwa mereka tak tahu menahu perihal eksperimen yang dilakukan sang profesor.

The Southern University of Science and Technology di Shenzhen menyatakan awal pekan lalu bahwa He tengah dalam masa cuti tak dibayar sejak Februari lalu. Mereka pun akan menginvestigasi klaim sang profesor.

Kamis (29/11) kemarin, Kementerian Ilmu Pengetahuan Cina mengatakan bahwa mereka telah "meminta organisasi itu untuk menghentikan aktivitas ilmiah orang yang bersangkutan."

Komisi Kesehatan Nasional Cina telah menyatakan bahwa penelitian Profesor He "telah secara serius melanggar hukum, peraturan dan standar etika Cina" dan bahwa mereka akan menginvestigasi klaim tersebut.