Logo ABC

Populasi Kumbang Natal di Australia Menurun Tajam

Kumbang
Kumbang
Sumber :
  • abc

Para ilmuwan Australia mengatakan, kumbang Natal adalah salah satu serangga yang perlahan hilang dan belum diketahui alasannya, meski populasi hewan ini berbeda di tiap negara bagian Australia.

Tanya Latty, ahli entomologi dari University of Sydney, mengatakan banyak warga Australia yang kini mencari keberadaan kumbang Natal.

"Apa yang kami tahu, setidaknya secara anekdot banyak orang berkata "ketika saya masih kecil, ada kumbang Natal di mana-mana dan sekarang Anda jarang melihatnya"," kata Dr Latty.

"Dan itu tampaknya konsisten, yang memang merupakan bukti cukup baik bahwa mungkin ada sesuatu yang terjadi, bahwa populasi mereka bisa menurun."

Ada sekitar 35 spesies kumbang Natal di seluruh Australia, dengan sebagian besar muncul antara pertengahan November dan akhir Desember ketika larva menetas.

Dr Latty mengatakan bahwa mungkin ada banyak alasan orang tidak melihat kumbang ini sebanyak itu. Hilangnya habitat diduga menjadi penyebab utama.

"Kumbang Natal memiliki siklus hidup di mana larva memakan hal-hal seperti rumput dan kepompong dewasa memakan daun pohon karet matang," kata Dr Latty.