Logo BBC

Ilmuwan India Tolak Teori Einstein dan Newton, Sudah Ada Mahabharata

Seorang ilmuwan India mengatakan teori Albert Einstein salah, dan gelombang gravitasi harus diubah namanya menjadi "Gelombang Narendra Modi."-Getty Images
Seorang ilmuwan India mengatakan teori Albert Einstein salah, dan gelombang gravitasi harus diubah namanya menjadi "Gelombang Narendra Modi."-Getty Images
Sumber :
  • bbc

Sejumlah ilmuwan India menyatakan penolakan terhadap berbagai teori sains modern, termasuk teori Einstein dan Newton, dan menyebut bahwa sejumlah penemuan termasuk sel induk, sudah ditemukan di negara itu pada zaman Hindu kuno.

Sejumlah imuwan lain mengecam klaim-klaim yang disampaikan sejumlah akademisi di ajang tahunan, Kongres Sains India itu, dan menyebutnya sebagai irasional.

Mitologi Hindu dan berbagai teori berbasis agama makin menjadi bagian dari agenda Kongres Sains India.

Namun para ahli mengatakan, berbagai pernyataan yang dikemukakan oleh para ilmuwan India pada kongres tahun kali ini luar biasa konyol.

Kongres Sains India ke-106 yang dibuka oleh Perdana Menteri Narendra Modi, berlangsung pekan lalu selama lima hari.

Dalam acara itu, seorang rektor sebuah universitas di India Selatan mengutip teks Hindu kuno sebagai bukti bahwa penelitian sel induk sudah ditemukan di India ribuan tahun yang lalu.

Sementara G Nageshwar Rao, wakil rektor Universitas Andhra, juga mengatakan bahwa Rahwana, raja raksasa dari epos Ramayana, sudah memiliki 24 jenis pesawat dan jaringan jalur pendaratan modern di tempat yang sekarang disebut Sri Lanka.