Perilaku Orang RI Sebelum Beli Barang Elektronik: Merek Nomor Satu

iPhone XS, XS Max, dan XR.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Novina Putri Bestari

VIVA – Ternyata ada sejumlah hal menarik yang patut untuk dicermati seputar perilaku konsumen di Tanah Air terkait barang elektronik. Menurut Research Director Frontier Group Apipudin, kebanyakan orang Indonesia menganggap penting brand produk sebelum membeli barang.

KPK Ungkap Total Pungli Rutan KPK Capai Rp6,3 Miliar

Setidaknya merek adalah faktor utama yang jadi satu alasan penting sebelum memilih. Apabila sudah dirasa nyaman, selanjutnya mereka baru akan melihat spesifikasi yang ditawarkan.

Apipudin menegaskan, banyaknya teknologi yang hadir dalam perangkat elektronik ternyata tak selalu menjadi alasan seseorang membeli produk. Hal itu ternyata hanya berlaku untuk konsumen tertentu.

Pura-pura Lumpuh, Sekelompok Orang Curi Handphone dan Uang Tunai di Konter

"Tergantung segmennya. Konsumen Indonesia belum ke sana. Mungkin yang lihat kayak begitu yang gamers, desain grafis. Pasar laptop masih banyak untuk mahasiswa baru untuk ngetik tugas yang penting bisa buat office," kata dia, baru-baru ini di Jakarta.

Soal banyaknya teknologi baru yang muncul pada 2018, dia juga menyebut tak berpengaruh banyak pada alasan orang membeli barang. Kata Apipudin, konsumen juga mempertimbangkan ketahanan dari produk elektronik sebelum membeli. Mereka akan membandingkan dengan produk lain untuk kualitas yang sama.

Gugatan Praperadilan Aiman Witjaksono Ditolak, Handphone Miliknya Sah Disita

"Melihat kualitasnya, tahan lama enggak, lalu ngehang enggak. Bisa jadi dengan memori lain 4GB tapi yang ini buat ngebuka file ukuran segini masih lancar-lancar aja," ujarnya. (art)

Jambret ditangkap warga di kawasan Gambir, Jakpus.

Jatuh dari Motor Usai Beraksi di Kawasan Gambir, 2 Penjambret Ditangkap Warga

Penjambret itu sempat dihajar massa.

img_title
VIVA.co.id
17 Maret 2024