Logo BBC

Diumumkan di Indonesia, Pesan WhatsApp Hanya Bisa di-Forward 5 Kali

Menkominfo Rudiantara menerima kunjungan Vice President and Communications WhatsApp, Victoria Grand, di Jakarta.
Menkominfo Rudiantara menerima kunjungan Vice President and Communications WhatsApp, Victoria Grand, di Jakarta.
Sumber :
  • do

Penyedia layanan pengiriman pesan WhatsApp (WA) membatasi berapa kali seorang pengguna meneruskan satu pesan terusan menjadi lima kali saja sebagai upaya mencegah penyebaran informasi palsu.

Sebelum ketentuan terbaru yang berlaku bagi pengguna di seluruh dunia dan yang diumumkan dalam suatu acara di Jakarta, Senin (21/01), satu pesan terusan WhatsApp dapat dikirim sebanyak 20 kali ke pengguna invididu atau pengguna grup.

Namun pembatasan pesan terusan WA itu sudah diberlakukan di India enam bulan lalu menyusul peristiwa pembunuhan keroyokan yang dilaporkan dilakukan berdasarkan berita palsu.

Keputusan pembatasan yang kini berlaku bagi seluruh pengguna di dunia mulai Senin (21/01), menurut pemilik WA kepada BBC, diambil setelah "secara cermat mengevaluasi hasil uji coba selama enam bulan di negara itu (Indonesia)."

"Langkah maju pembatasan secara signifikan mengurangi pesan-pesan yang diteruskan di seluruh dunia," kata Victoria Grand, wakil presiden bidang kebijakan dan komunikasi WhatsApp dalam acara di Jakarta, Senin (21/01).

"Ini akan membantu WhatsApp memusatkan perhatian pada pesan-pesan pribadi dengan kontak-kontak dekat. Kami akan terus mendengarkan masukan dari pengguna tentang pengalaman mereka, dan dari waktu ke waktu, kami mencari cara-cara baru mengatasi konten yang viral," tambahnya.

Pantau konten tapi ada sistem enkripsi